Begini Penampakan Gajah Raksasa yang Hidup 125.000 Tahun Lalu, Tinggi 4 Meter dan Berat 4 Ton

Selasa, 07 Februari 2023 - 19:44 WIB
Spesies gajah raksasa yang pernah hidup sekitar 125.000 tahun yang lalu memiliki ukuran lebih besar dua kali lipat dari gajah Afrika yang masih ada saat ini. Foto/Science Alert/MONREPOS Archaeological Research Center
BERLIN - Spesies gajah raksasa yang pernah hidup sekitar 125.000 tahun yang lalu memiliki ukuran lebih besar dua kali lipat dari gajah Afrika yang masih ada saat ini. Gajah raksasa yang dikenal dengan gajah gading lurus (Palaeoloxodon antiquus) yang sekarang sudah punah tingginya 4 meter dan berat 4 ton

Penggambaran penampakan gajah raksasa ini dilakukan setelah melakukan penelitian terhadap sekitar 3.400 tulang gajah gading lurus. Seluruh tulang gajah ini ditemukan di situs dekat kota Neumark-Nord di Jerman, yang pertama kali ditemukan oleh penambang batu bara pada 1980-an.

Ini merupakan salah satu situs untuk mempelajari aktivitas Neanderthal pada periode Interglacial Terakhir (LIG), sekitar 130.000–115.000 tahun yang lalu. Diketahui Neaderthal berburu gajah raksasa untuk diambil dagingnya dan dimakan bersama dalam kelompok.

Neanderthal adalah manusia seperti kita, tetapi mereka adalah spesies berbeda yang disebut Homo neanderthalensis. Bersama dengan orang Asia yang dikenal sebagai Denisovans, Neanderthal adalah kerabat manusia purba terdekat kita.

Bukti terkini dari fosil dan DNA menunjukkan bahwa garis keturunan manusia Neanderthal dan manusia modern terpisah setidaknya 500.000 tahun yang lalu. Beberapa kalibrasi genetik menempatkan perbedaannya sekitar 650.000 tahun yang lalu.

Para peneliti memperkirakan dibutuhkan tim yang terdiri dari 25 orang antara 3-5 hari untuk menguliti dan kemudian mengeringkan atau mengasapi daging gajah. Bukti pembakaran arang di sekitar situs arkeologi menunjukkan bahwa daging tersebut telah dikeringkan, yang merupakan salah satu cara untuk membuatnya bertahan lebih lama.

Hasil tangkapan itu akan cukup untuk memberi makan 350 orang selama seminggu, atau 100 orang selama sebulan. Meskipun para peneliti lain menyebutkan Neanderthal ada juga yang hidup dalam kelompok kecil sekitar 20 orang.

“Mereka benar-benar membentuk lingkungan bersama, dengan api, dan juga memberikan dampak besar pada hewan terbesar yang ada di dunia saat itu,” kata arkeolog Wil Roebroeks, dari Universitas Leiden di Belanda dikutip dari laman Science Alert.

Neanderthal pada masa itu bekerja sama dan berkelompok dalam jumlah besar untuk memburu mangsa besar, seperti gajah gading lurus. Mereka biasanya berburu gajah jantan agar mendapatkan daging dalam jumlah yang lebih besar.