India Sukses Luncurkan 3 Satelit ke Orbit dengan Roket Baru

Jum'at, 10 Februari 2023 - 19:41 WIB
loading...
India Sukses Luncurkan 3 Satelit ke Orbit dengan Roket Baru
India sukses meluncurkan tiga satelit ke orbit menggunakan roket baru pada Kamis 9 Februari 2023 malam. Roket baru India Small Satellite Launch Vehicle (SSLV) lepas landas dari Satish Dhawan Space Center India. Foto/ISRO/Space
A A A
NEW DELHI - India sukses meluncurkan tiga satelit ke orbit menggunakan roket baru pada Kamis 9 Februari 2023 malam. Roket baru India Small Satellite Launch Vehicle (SSLV) lepas landas dari Satish Dhawan Space Center India.

Roket SSLV membawa satelit observasi Bumi EOS-07 milik Indian Space Research Organisation (ISRO) dan dua cubesats ke angkasa. Ini merupakan peluncuran pertama roket SSLV setelah kegagalan pada Agustus 2022.

Setelah 15,5 menit diluncurkan, roket setinggi 34 meter berhasil mengerahkan ketiga pesawat ruang angkasa ke orbit melingkar setinggi 450 kilometer di orbit. Ketiga satelit sekarang dapat mulai bersiap untuk operasi orbit.



Ketiga satelit itu adalah EOS-07 seberat 156 kg, merupakan satelit eksperimental dengan tujuan misi berpusat pada pengembangan dan demonstrasi instrumen baru. Instrumen tersebut termasuk Millimeter-wave Humidity Sounder dan Spectrum Monitoring Payload.

EOS-07 dirancang untuk mengamati Bumi dengan perlengkapan tersebut setidaknya selama satu tahun. Dua satelit lainnya yang mengorbit adalah Janus-1 seberat 10,2 kg dan AzaadiSAT-2 seberat 8,7 kg.

Janus-1, dibangun perusahaan India-Amerika Antaris sebagai "satelit pintar" yang mendemonstrasikan sejumlah kecanggihan teknologi. Sedangkan, AzaadiSAT-2 dibangun oleh ratusan mahasiswi dari seluruh India, untuk mendemonstrasikan LoRa dan kemampuan komunikasi radio amatir, mengukur tingkat radiasi di ruang angkasa dan mendemonstrasikan struktur satelit yang dapat diperluas.
India Sukses Luncurkan 3 Satelit ke Orbit dengan Roket Baru


“Dengan suksesnya peluncuran misi SSLV-D2/EOS-07, ISRO sekarang memiliki anggota baru yang kredibel dalam keluarga kendaraan peluncurannya,” kata seorang komentator di siaran langsung dikutip dari laman Space, Jumat (10/2/2023).



Itu adalah momen besar bagi ISRO dan SSLV, yang mampu membawa muatan hingga 500 kilogram ke orbit rendah Bumi. Misi roket SSLV-D2/EOS-07 berhasil diselesaikan, menempatkan satelit EOS-07, Janus-1, dan AzaadiSAT-2 ke orbit yang diinginkan pada 10 Februari 2023.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4643 seconds (0.1#10.140)