Luas Lapisan Es Laut di Antartika Menyusut, Terendah dalam 40 Tahun Terakhir

Sabtu, 11 Februari 2023 - 09:56 WIB
loading...
Luas Lapisan Es Laut di Antartika Menyusut, Terendah dalam 40 Tahun Terakhir
Luas lapisan es laut di Antartika menyusut dan lebih sedikit dalam 40 tahun terakhir. Foto/University of Bremen
A A A
BERLIN - Luas lapisan es laut di Antartika menyusut dan lebih sedikit dalam 40 tahun terakhir. Pencairan yang intens ini disebabkan oleh suhu udara yang sangat tinggi di sebelah barat dan timur Semenanjung Antartika, yaitu sekitar 1,5 derajat celcius di atas rata-rata.

Saat ini, pada awal Februari 2023, hanya 2,20 juta kilometer persegi Samudra Selatan yang tertutup es laut. Padahal baru pada Januari 2023 para ilmuwan menetapkan rekor baru untuk luas rata-rata bulanan es laut adalah 3,22 juta kilometer persegi.

“Pada 8 Februari 2023, luas es laut Antartika tercatat 2,20 juta kilometer persegi, atau turun turun di bawah rekor minimum dari tahun 2022 seluas 2,27 juta kilometer persegi (pada 24 Februari 2022),” kata Prof Christian Haas, Kepala Bagian Fisika Es Laut di Institut Alfred Wegener, Pusat Penelitian Kutub dan Kelautan Helmholtz (AWI), dikutip dari laman newswise, Sabtu (11/2/2023).



Dia menambahkan, pencairan es laut di Antartika kemungkinan besar akan berlanjut pada paruh kedua bulan ini. Para peneliti dari Institut Alfred Wegener dan Universitas Bremen menganalisis situasi Portal Es Laut, dan fase pencairan di Belahan Bumi Selatan berlanjut hingga akhir Februari.

Tim ekspedisi saat ini di atas kapal RV Polarstern baru saja melaporkan kondisi hampir bebas es di area penelitiannya saat ini, di Laut Bellingshausen. Pencairan telah berlangsung sejak Desember 2022, terutama di Laut Bellingshausen dan Amundsen di Antartika Barat; yang pertama kali hampir bebas es.

“Saya belum pernah melihat situasi ekstrem tanpa es di sini sebelumnya. Landas kontinen, seluas wilayah Jerman, sekarang benar-benar bebas es,” ujar pemimpin ekspedisi dan ahli geofisika AWI Prof Karsten Gohl.
Luas Lapisan Es Laut di Antartika Menyusut, Terendah dalam 40 Tahun Terakhir


Sepanjang tahun, es laut Antartika umumnya mencapai batas maksimumnya pada bulan September atau Oktober dan batas minimumnya pada bulan Februari. Di beberapa daerah, es laut mencair seluruhnya di musim panas.



Di musim dingin, iklim dingin di seluruh Antartika mendorong pembentukan es laut baru dengan cepat. Maksimal, tutupan es laut di Antartika umumnya antara 18 dan 20 juta kilometer persegi. Di musim panas, menyusut menjadi kira-kira 3 juta kilometer persegi, menampilkan variabilitas tahunan yang jauh lebih alami daripada es di Kutub Utara.

Analisis yang dilakukan oleh tim Portal Es Laut, menunjukkan bahwa, sepanjang bulan Januari 2023, luas es laut berada pada tingkat terendah yang tercatat sepanjang tahun sejak awal pencatatan di 1979. Berkaitan dengan perkembangan jangka panjangnya, es laut Antartika menunjukkan tren penurunan sebesar 2,6 persen per dekade. Ini adalah tahun kedelapan berturut-turut di mana rata-rata luas es laut di bulan Januari berada di bawah tren jangka panjang.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)