Mengenal Phantom Space Strike China, Rudal Terbaru yang Dapat Mengirim Sinyal Palsu

Senin, 27 Februari 2023 - 15:02 WIB
loading...
Mengenal Phantom Space Strike China, Rudal Terbaru yang Dapat Mengirim Sinyal Palsu
Phantom Space Strike China merupakan sebuah proyek taktik yang dirancang untuk menciptakan segerombolan sinyal target palsu dari luar angkasa. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Phantom Space Strike China merupakan sebuah proyek taktik yang dirancang untuk menciptakan segerombolan sinyal target palsu dari luar angkasa . Taktik tersebut belum diuji dalam kehidupan nyata lantaran dinilai ilmuwan dapat menyebabkan perang nuklir yang tidak disengaja.

Dalam simulasi komputer, para peneliti beserta Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) meluncurkan rudal balistik ke luar angkasa, dimana mereka melepaskan tiga pesawat ruang angkasa kecil jauh di atas atmosfer bumi.

Setelah mencapai luar angkasa, rudal balistik melepaskan muatan satelitnya yang kemudian menghasilkan sinyal spoofing untuk mengelabui radar pertahanan rudal target.

Baca juga : Spesifikasi Rudal Balistik Antarbenua Sarmat Rusia yang Bisa Memicu Kiamat

Aksi tersebut membuat rudal tak bersenjata itu tampak sebagai ancaman yang lebih serius dari pada yang sebenarnya. Serangan spoofing mengakibatkan sistem pertahanan rudal menembakkan rudal pencegat ke target yang tidak ada.

Menurut Zhao Yanli, seorang insinyur senior di PLA Unit 63891, yang mengembangkan dan menguji teknologi dan peralatan baru. Dia dan timnya mengeksploitasi kelemahan radar pertahanan rudal serta keunggulan umpan berbasis satelit.

Unit 63891 adalah badan militer yang terdiri dari hampir 3.000 staf yang berbasis di Luoyang di provinsi Henan, China tengah yang ditugaskan untuk mengembangkan dan menguji teknologi dan peralatan baru.

Tim Zhao mengeksploitasi margin kesalahan yang dapat ditoleransi untuk satelit pertahanan rudal dengan menjaga kesalahan pemosisian antara sumber spoofing hingga kurang dari setengah meter.

Tim juga mengutip keuntungan biaya menggunakan satelit, yang biayanya lebih rendah daripada pesawat perang elektronik tradisional dan yang jalur penerbangan.

Baca juga : Spesifikasi Rudal Patriot AS untuk Ukraina, Berkecepatan Hipersonik Netralisir Rudal Balistik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)