7 Manuskrip Al Quran Tertua di Dunia, Terakhir Tidak Lama Setelah Nabi Muhammad SAW Meninggal

Rabu, 01 Maret 2023 - 18:15 WIB
loading...
7 Manuskrip Al Quran Tertua di Dunia, Terakhir Tidak Lama Setelah Nabi Muhammad SAW Meninggal
Terdapat tujuh Al Quran tertua di dunia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tujuh Al Quran tertua di dunia. Manuskrip tertua sendiri diperkirakan telah dibuat tidak lama setelah Nabi Muhammad SAW wafat.

Menurut laman Oldest, sejarah Al Quran diperkirakan dimulai sekitar tahun 610 M ketika kalimat dalam kitab suci itu pertama kali diwahyukan pada Nabi Muhammad SAW. Hingga pada akhirnya Rasulullah SAW wafat di sekitar tahun 632 M.

Al Quran yang telah lengkap saat ini, dan menjadi pegangan bagi umat Islam tentulah penulisannya berdasar dari manuskrip yang telah ditemukan.

Baca juga : Nasihat buat yang Ingin Menghafalkan Al-Quran

Berikut tujuh Al Quran tertua di dunia :

1. Al Quran Biru

Al Quran tertua yang pertama ini dikatakan sebagai yang terindah. Manuskrip yang ditulis menggunakan tinta emas di atas vellum berwarna biru tua atau nila diyakini diciptakan untuk Masjid Agung Qairawan, Tunisia.

Al Quran kuno ini menjadi salah satu yang paling terkenal di dunia dan diperkirakan telah ditulis sejak akhir abad ke 9 hingga awal abad ke 10, atau sekitar tahun 1020 M.

2. Al Quran Samarkand Kufic

Penulisan manuskrip Al Quran ini diyakini telah dibuat sekitar tahun 595 M sampai 855 M. Namun ada pula peneliti yang menyetujui bahwa tulisan tersebut dibuat pada abad ke 8 atau ke 9.

Naskah ini menjadi salah satu yang dijunjung tinggi oleh umat Islam, sebab diyakini dibuat oleh kelompok penulis Al Quran yang ditugaskan oleh khalifah ke tiga Utsman bin Affan tahun 651 M.

3. Al Quran Topkapi

Manuskrip Topkapi diperkirakan telah dibuat sejak abad ke 8 dan menjadi teks Al Quran yang hampir lengkap. Sama seperti Samarkand Kufic, manuskrip kitab suci ini juga diyakini ada di masa kekhalifahan Utsman.

Namun para peneliti menyangkal hal tersebut karena masa khalifah Utsman terjadi pada tahun 651 M, sedangkan manuskrip tersebut dipercaya ditulis pada abad ke 8.

4. Al Quran Codex Parisino-Petropolitanus

Codex Parisino-Petropolitanus merupakan manuskrip yang terdiri dari 98 folio yang berasal dari abad ke 7 sampai awal abad ke 8. Manuskrip tersebut ditemukan bersama beberapa fragmen Alquran di Masjid Amr di Fustat, Mesir, selama ekspedisi Napoleon di akhir abad ke 18.

Penelitian yang dilakukan oleh Yassin Dutton menunjukkan bahwa naskah tersebut mungkin ditulis di Suriah, seperti yang tertulis dalam qira'at (bacaan/lafalan) Ibnu Amir dari Damaskus.

Baca juga : Benarkah Al-Quran Menggunakan 40 Dialek Bahasa Arab?

5. Al Quran Sana

Naskah yang ditemukan oleh pekerja konstruksi pada tahun 1972 saat renovasi Masjid Agung Sana'a di Yaman ternyata menjadi salah satu manuskrip Al Quran tertua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)