NASA Puji Peluncuran Astronot Crew-6 SpaceX, Sempurna dan Indah

Kamis, 02 Maret 2023 - 17:34 WIB
loading...
NASA Puji Peluncuran Astronot Crew-6 SpaceX, Sempurna dan Indah
SpaceX meluncurkan 4 astronot Crew-6 dari Kennedy Space Center, Florida, Kamis (2/3/2023), pukul 05.34 waktu setempat. Roket Falcon 9 membawa astronot Crew-6 menuju ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto/NASA TV/Space
A A A
FLORIDA - SpaceX meluncurkan 4 astronot Crew-6 dari Kennedy Space Center, Florida, Kamis (2/3/2023), pukul 05.34 waktu setempat. Roket Falcon 9 membawa astronot Crew-6 menuju ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Seperti namanya, Crew-6 adalah misi berawak operasional keenam yang dilakukan SpaceX untuk NASA. Empat astronot Crew-6 adalah Stephen Bowen dan Woody Hoburg dari NASA, kosmonot Andrey Fedyaev dan Sultan Al Neyadi, orang pertama dari Uni Emirat Arab yang menghabiskan misi enam bulan di ISS.

Peluncuran SpaceX Crew-6 berjalan tanpa hambatan, dan juga indah untuk disaksikan. “Wow, peluncuran yang sangat bagus!” kata Kathy Lueders, Kepala Penerbangan Luar Angkasa NASA, dalam konferensi pers dikutip SINDOnews dari laman Space.



Peluncuran SpaceX Crew-awalnya seharusnya dilakukan pada Senin 27 Februari 2023 pagi, tetapi dibatalkan saat akhir hitungan mundur setelah tim melihat masalah sistem darat. Setelah peluncuran hari ini, sekitar lima hari ke depan Crew-6 tiba di ISS, maka astronot Crew-5 SpaceX akan berangkat, pulang ke Bumi.
NASA Puji Peluncuran Astronot Crew-6 SpaceX, Sempurna dan Indah


Peluncuran SpaceX Crew-6 terjadi empat tahun setelah peluncuran Demo-1, uji terbang pertama SpaceX ke Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk Program Kru Komersial NASA. Demo-1 adalah misi tanpa awak, tetapi ini menjadi dasar bagi banyak penerbangan astronot di masa yang akan datang.

Dan penghitungan itu tidak termasuk Demo-2, penerbangan uji coba yang meluncurkan astronot Bob Behnken dan Doug Hurley menuju ISS pada 30 Mei 2020. “Tujuh misi berawak selama tiga tahun terakhir, ini jadi upaya dan perkembangan yang fenomenal,” kata Lueders.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2449 seconds (0.1#10.140)