Busa Senjata Utama Padamkan Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Jum'at, 03 Maret 2023 - 22:15 WIB
loading...
Busa Senjata Utama Padamkan Kebakaran Depo Pertamina Plumpang
Depo Pertamina Plumpang, Semper Jakarta Utara sedang dilakukan pada Jumat malam (3/3/2023). FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Depo Pertamina Plumpang Semper Jakarta Utara terbakar pada Jumat malam, (3/3/2023), akibat kejadian ini warga Tanah Merah yang berada di belakang Depo Pertamina panik berlarian.



Berdasarkan pantauan SINDOnews di lokasi, tim pemadam kebakaran Jakarta Utara telah ke lokasi kebakaran sejak 20-15 WIB, tim membawa kendaraan khusus yang mengangkut peralatan Terminator Canon Foam atau yang lebih dikena sebagai Meriam Pelontar Busa.

Dalam dunia pemadam kebakar, foam atau busa merupakan senjata utama,Busa pemadam kebakaran adalah busa yang digunakan untuk memadamkan api.

Perannya adalah untuk mendinginkan api dan untuk menyelimuti bahan bakar yang terbakar, mencegah kontak kembali dengan oksigen yang dapat mengakibatkan nyala api kembali. Busa pemadam kebakaran diciptakan insinyur dan ahli kimia Rusia Aleksander Loran tahun 1902.

Surfaktan perlu digunakan untuk menghasilkan konsentrat busa kurang dari 1%. Komponen lain dari busa merupakan larutan penghambat api yang bersifat organic (mis. trimethyltrimethyleneglycol dan glikol hexylene), penstabil busa (misalnya lauril alkohol), dan inhibitor korosi. Oleh sebab itu kenapa Foam ini bersifat sangat korosif sekali terhadap logam.

Busa ekspansi rendah (low expansion foam) memiliki ekspansi rata-rata (expansion rate) kurang dari 20 kali. Busa dengan rasio ekspansi antara 20-200 adalah ekspansi sedang. Busa ekspansi rendah seperti AFFF bersifat rendah-viskositas, mudah dalam pendistribusian, dan dapat dengan cepat menutupi area yang luas.

Busa ekspansi tinggi (high expansion rate) memiliki expansionrate lebih dari 200. Mereka cocok untuk ruang tertutup seperti hanggar, yang mana dibutuhkan suatu pengisian cepat.

Alcohol Resistant Foam mengandung polimer yang membentuk lapisan pelindung antara permukaan pembakaran dan busa, mencegah kerusakan busa karena adanya alkohol dalam bahan bakar yang terbakar.

Alcohol resistant foam harus digunakan untuk memadamkan api dari bahan bakar yang mengandung oxygenates, misalnya. MTBE (Methyl tert-butyl ether), atau cairan yang mudah terbakar dan mengandung pelarut polar. Sebagai contoh termasuk di dalamnya jet fuel atau avtur.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)