5 Spesies Hewan yang Baru Ditemukan di 2023, No 2 Dinamai dari Pencipta The Lord of The Rings

Senin, 06 Maret 2023 - 08:08 WIB
Spesies hewan baru ditemukan di berbagai negara di dunia, mulai katak, hingga ular. Foto: Getty Images
JAKARTA - Setiap tahunnya para ilmuwan selalu menemukan beragam spesies hewan baru . Terkadang, spesies dikategorikan baru karena dua sebab. Pertama, memang baru ditemukan dan belum pernah dipelajari oleh para ilmuwan sebelumnya. Dan kedua, kasus spesies dan subspesiesnya diperiksa lebih dekat untuk kemudian disepakati bahwa mereka harus menjadi spesies yang terpisah.

Para ahli paleontologi juga mendeskripsikan spesies baru yang telah mereka pelajari dari tulang, fosil, ambar, dan bahkan kotoran. Terkadang spesies diberi nama sesuai karakteristiknya atau wilayah tempat mereka ditemukan.

Namun, kadang-kadang para ilmuwan lebih suka bersenang-senang dan spesies dinamai menurut nama selebritas, termasuk lebih dari 40 spesies yang dinamai Sir David Attenborough. Nah, berikut 5 spesies hewan yang baru ditemukan di 2023:

1. Sibon irmelindicaprioae

Sibon irmelindicaprioae dijuluki ular pemakan siput DiCaprio, ditemukan di Panama, dan Kolombia. Sibon irmelindicaprioae adalah satu dari lima ular pemakan siput baru yang dideskripsikan para ilmuwan. Penemunya, menyarankan untuk mengklasifikasikan spesies itu sebagai Hampir Terancam. Sebab, tempat tinggalnya di hutan yang masih alami dan luas.

Meski beberapa habitatnya telah diubah jadi padang rumput, spesies ini mungkin tidak punah cukup cepat untuk memenuhi syarat kategori terancam.

Spesies yang baru dideskripsikan itu diketahui dari 16 daerah di Panama dan Kolombia. Salah satunya adalah populasi terisolasi di pegunungan Cordillera Oriental Kolombia. Julukan khusus “irmelindicaprioae” menghormati Irmelin DiCaprio, ibu dari aktor dan ahli konservasi Leonardo DiCaprio yang memilih nama tersebut.

2. Hyloscirtus tolkieni

Hyloscirtus tolkieni dinamai untuk menghormati J.R.R.Tolkien, penulis saga The Lord of The Rings. Katak pohon arus (Hyloscirtus tolkieni) mendeskripsikannya sebagai spesies baru karena morfologinya cukup berbeda dari spesies lain dalam genus Hyloscirtus.

Hanya ada satu individu yang ditemukan sejauh ini. Penyebaran spesies diketahui terbatas pada tempat ditemukan dan ditangkap, yakni lereng timur selatan Cordillera Oriental, rangkaian pegunungan Andes di Taman Nasional Río Negro-Sopladora di Ekuador.

Genus katak pohon ini disebut katak pohon sungai karena biasanya ditemukan di dekat sungai tempat mereka berkembang biak. Para ilmuwan mengatakan bahwa warna spesies yang unik seperti dari luar angkasa atau dunia fantasi.

3. Cyrtodactylus santana

Cyrtodactylus santana adalah tokek jari bengkok pertama yang dideskripsikan ke tingkat spesies. Tokek itu ditemukan di negara termuda keempat di dunia, Republik Demokratik Timor-Leste. Tepatnya, menempati timur pulau Timor yang merupakan bagian dari Kepulauan Sunda Kecil.

Tokek pertama kali ditemukan pada siang hari di gua Lene Hara di Taman Nasional Nino Konis Santana. Tokek berjari bengkok aktif di malam hari dan ilmuwan dapat menangkap sepuluh tokek. Analisis genetik dan morfologi menegaskan bahwa itu adalah spesies yang belum terdeskripsikan.

Julukan khusus 'santana' berasal dari Taman Nasional Nino Konis Santana tempat ia ditemukan, dan dinamai untuk menghormati pejuang kemerdekaan Nino Konis Santana yang lahir di dalam batas taman.

4. Podogymnura intermedia dan P. minima

Podogymnura intermedia adalah satu dari dua spesies gymnure baru yang ditemukan. Dengan bulu berwarna cokelat keemasan dan hidung runcing, P. intermedia sangat mirip dengan cecurut, tetapi termasuk dalam kelompok mamalia yang dikenal sebagai gymnures.