Siapakah Penemu Kode Morse dan Alat Telegraf? Ini Jawabannya

Senin, 06 Maret 2023 - 14:57 WIB
loading...
Siapakah Penemu Kode Morse dan Alat Telegraf? Ini Jawabannya
Dalam artikel ini akan membahas mengenai penemu kode morse dan alat telegraf. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Dalam artikel ini akan membahas mengenai penemu kode morse dan alat telegraf. Keduanya adalah sebuah mesin atau alat yang digunakan untuk berkomunikasi .

Penemuan sandi morse dan telegraf merupakan sejarah yang sangat berarti bagi perkembangan dalam dunia komunikasi. Saat itu kedua alat ini digunakan untuk berkomunikasi dari jarak jauh.

Dilansir dari interesting engineering, Samuel Finley Breese Morse adalah penemu sandi Morse pada tahun 1836. Kode ini merupakan bentuk alphabet khusus yang digunakan untuk mengirim pesan di telegraf.

Baca juga : Zhang Heng, Ilmuwan China Kuno Penemu Desain Pertama Alat Pendeteksi Gempa

Samuel Morse merupakan pria kelahiran Charlestown Massachusetts, Amerika Serikat pada tanggal 27 April 1791. Dia dikenal sebagai ilmuwan dan juga seorang penulis yang terkenal.

Sementara itu untuk telegraf sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 1700-an. Namun pada kala itu masih sebatas konsep dan dasar pembuatan telegraf mulai muncul sejak ditemukan oleh Thomas Von Sommering.

Sedangkan nama Carl Friedrich Gauss dan Wilhelm Weber merupakan orang pertama yang menggunakan telegraf untuk alat komunikasi pada tahun 1833 di Gottingen.

Diketahui tokoh lain pembuat telegraf adalah William Fothergill Cooke yang sekaligus memasarkannya di Great Western Railway, Inggris.

Pada mulanya telegraf adalah mesin atau alat berkomunikasi yang hanya bisa digunakan menggunakan kabel. Namun pada tahun 1800-an telegraf bisa digunakan melalui gelombang radio.

Perubahan tersebut tentu tak lepas dari peranan Samuel dan rekannya Alfred Vail yang mencoba memperluas kode untuk menemukan huruf berbentuk titik dan garis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0821 seconds (0.1#10.140)