Rudal Supersonik TRG-230 Bikin Drone Akinci Makin Ganas, Hancurkan Target Darat Sejauh 150 Km

Rabu, 08 Maret 2023 - 08:57 WIB
loading...
Rudal Supersonik TRG-230 Bikin Drone Akinci Makin Ganas, Hancurkan Target Darat Sejauh 150 Km
Turki berhasil mengembangkan rudal supersonik balistik udara-ke-darat TRG-230 dan sukses diuji tembak dari drone tempur Akinci. Foto/Military Leak/Bayraktar/Bulgarian Military
A A A
ANKARA - Turki berhasil mengembangkan rudal supersonik balistik udara-ke-darat TRG-230 dan sukses diuji tembak dari drone tempur Akinci pada Desember 2022. Rudal balistik udara-ke-darat supersonik TRG-230-IHA memiliki jangkauan lebih dari 150 kilometer.

Dalam uji coba pertama penembakan rudal TRG-230, drone tempur Akinci atau High Altitude Long Endurance (HALE) Akinci Unmmaned Combat Aerial Vehicle (UCAV), lepas landas dari Chorlu. Drone tersebut terbang sekitar 700 kilometer, mencapai lokasi pengujian di Sinop.

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Rabu (8/3/2023), setelah mencapai titik tembak drone melepaskan rudal TRG-230-IHA pada ketinggian 25.000 kaki atau 7.260 meter. Dengan peluncuran dan penargetan yang tepat, rudal tersebut berhasil mengenai sasaran pada jarak 100 km.



Rudal TRG-230 yang diproduksi Roketsan memiliki jangkauan efektif 150 kilometer tergantung pada kecepatan dan ketinggian peluncurannya. Rudal Turki yang baru memiliki hulu ledak dengan efek partikel, meskipun dapat menggunakan varian hulu ledak armor-piercing atau thermobaric.
Rudal Supersonik TRG-230 Bikin Drone Akinci Makin Ganas, Hancurkan Target Darat Sejauh 150 Km


TRG-230-IHA adalah rudal penting dari sudut pandang doktrin perang dunia. Prinsip pengoperasian roket ini, setelah ditembakkan dari drone akan jatuh bebas di udara selama waktu tertentu. Roket kemudian secara mandiri menyalakan mesin propelan padatnya.

TRG-230-IHA menentukan target dengan kemampuan penargetan inersia yang didukung GNSS yang tahan terhadap sistem jamming. Sistem bekerja dengan fungsi fire-and-forget. Ini menawarkan pengguna kemampuan untuk menggunakannya dalam misi kritis tanpa masuk jauh ke posisi musuh.

Menurut sumber Turki, rudal ini sulit dinetralisir oleh sistem pertahanan udara konvensional milik musuh. Rudal TRG-230 dapat diluncurkan dari Roketsan Multi-Barrel Rocket Launcher [MBRL] dan platform lain dengan antarmuka yang kompatibel. Rudal ini secara akurat dan efektif menghancurkan target sejauh 70 km.


Spesifikasi Drone Akinci

Rudal Supersonik TRG-230 Bikin Drone Akinci Makin Ganas, Hancurkan Target Darat Sejauh 150 Km

Kendaraan udara tempur tak berawak atau drone Akinci dikembangkan oleh Baykar Defense berdasarkan pada kendaraan udara tak berawak Bayraktar Tactical Block-II. Drone ini dapat melakukan beberapa tugas yang dilakukan oleh pesawat tempur berkat kemampuan teknis yang canggih.

Dengan struktur sayap bengkoknya yang unik, drone Akinci memiliki lebar sayap 20 meter dan membawa banyak amunisi. Drone tempur ini mampu bertahan di udara selama 24 jam pada ketinggian 40.000 kaki (12.192 meter) dan membawa muatan 1.500 kilogram.

Sistem, yang bekerja dengan muatan yang jauh lebih canggih seperti kapsul pendukung elektronik, sistem komunikasi satelit, radar udara-ke-udara, radar pendeteksi rintangan, dan radar bukaan sintetis. Drone ini mampu melakukan operasi udara-ke-darat dan udara-ke- misi udara.

Akinci dibangun untuk lepas landas dan mendarat dari landasan pacu membawa muatan maksimum 5.500 kg. Akinci ditenagai oleh dua mesin turboprop 750 hp atau dua mesin turboprop 450 hp sehingga mampu terbang dengan kecepatan maksimum 195 knot atau 350 km/jam.

Drone Akinci dipersenjatai dengan amunisi dipandu laser cerdas, rudal, dan amunisi anti-pesawat jarak jauh. Kemampuan ini telah diintegrasikan dengan radar AESA, EO / IR / LD simultan, dan SIGINT.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)