7 Fakta Unik Orangutan, Primata yang Populasinya Hampir Punah

Rabu, 08 Maret 2023 - 11:40 WIB
loading...
7 Fakta Unik Orangutan, Primata yang Populasinya Hampir Punah
Terdapat tujuh fakta unik orangutan yang jarang diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tujuh fakta unik orangutan yang jarang diketahui. Primata yang berasal dari Indonesia ini memang tengah jadi sorotan karena populasinya yang terus menurun.

Dilansir dari World Wild Life, nama orangutan berarti "manusia hutan" dalam bahasa Melayu. Spesies ini tinggal di hutan dataran rendah dan suka mengkonsumsi buah buahan.

Baca juga : Ternyata Orangutan Sumatera-Kalimantan Dulunya Bertubuh Raksasa

Untuk lebih mengetahui ciri dan kebiasaan dari orangutan, berikut ini tujuh faktanya yang dilansir dari WWF:

1. Terdapat 3 Spesies Orangutan

Tiga spesies ini seluruhnya dapat ditemukan di Indonesia. Mulai dari Orangutan Kalimantan, Sumatra, dan yang baru dikonfirmasi pada 2017 adalah Tapanuli.

Ketiga spesies kera besar ini telah terancam punah. Diperkirakan hanya ada sekitar 100.000 di Kalimantan, 14.000 Sumatera, dan 800 Tapanuli.

Meskipun ketiga spesies ini terlihat mirip, Orangutan Kalimantan memiliki bulu yang lebih gelap ketimbang yang berada di Sumatera.

2. Primata Pohon Terbesar

Orangutan banyak menghabiskan waktunya untuk bergelantungan di pohon dan menjadikannya sebagai primata terbesar yang hidup di pohon. Tidak seperti gorila yang menghabiskan waktunya di darat.

Sayangnya habitat pohon yang ditinggali orangutan telah mulai berkurang. Kalimantan saja diproyeksikan akan kehilangan 220.000 km2 hutan antara tahun 2010 sampai 2030, untuk pertanian dan infrastruktur. Itu hampir 30% dari total luas daratannya.

3. Punya Lengan Panjang

Orangutan memiliki rentang lengan sekitar 2,2 meter. Ini merupakan jangkauan yang mengesankan mengingat tinggi mereka sendiri hanya mencapai 1,5 meter. Lengan ini bahkan satu setengah kali lebih panjang dari kakinya.

4. Mempelajari Segala Sesuatu dari Induknya

Anak orangutan akan menghabiskan kurang lebih 7 tahun masa hidupnya bersama sang induk. Mereka akan mempelajari banyak hal, mulai dari cara berayun hingga makanan yang biasa dikonsumsi.

Kurva belajar panjang sang anak pada induknya ini dipengaruhi karena orangutan betina hanya akan memiliki anak setiap 7-9 tahun sekali, yang merupakan interval terpanjang dari semua mamalia darat.

Baca juga : Tersisa 800 Ekor, Spesies Orangutan Tapanuli Mendekati Kepunahan

5. Orangutan Jantan Punya Ukuran Lebih Besar

Orangutan jantan umumnya memiliki bantalan pipi menonjol yang disebut flensa dan kantung tenggorokan. Tinggi dari pejantan ini bisa mencapai 1,7 meter dengan berat 68 kg. Sementara orangutan betina hanya memiliki tinggi sekitar 1,2 meter dengan berat 36 kg.

6. Suka Membangun Sarang Untuk Tidur

Primata ini kerap membangun sarang untuk dijadikan landasan tidur. Mereka dapat membuat sarang hanya dalam waktu 10 menit dengan mengumpulkan beberapa dahan besar menjadi satu.

Apabila sedang musim hujan, biasanya orangutan akan menambahkan atap menggunakan dedaunan. Biasanya sarang inilah yang digunakan oleh para peneliti untuk memperkirakan jumlah dan ukuran primata tersebut.

7. Primata yang Cerdas

Beberapa orangutan akan menggunakan alat untuk melakukan sesuatu. Seperti menggunakan tongkat untuk mengeluarkan rayap dan semut dari lubang pohon.

Mereka juga akan menggunakan alas tangan dari daun bila akan memegang buah atau dahan berduri.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)