Mural Tertua Berusia 1.400 Tahun, Bergambar Muka Dua dengan Warna Menyala

Kamis, 16 Maret 2023 - 20:36 WIB
loading...
A A A
Kedua pria itu mungkin dewa, tapi ini belum pasti. "Biasanya, gambar dewa dalam seni Moche memiliki aspek non-manusia seperti taring, atau wajah atau ekor atau sayap dari berbagai makhluk. Yang ini, kecuali dua wajah, tampak sepenuhnya manusia,” kata Trever.

Aula misterius

Mural Tertua Berusia 1.400 Tahun, Bergambar Muka Dua dengan Warna Menyala

Panamarca adalah kompleks arsitektur yang terletak di Lembah Nepena bagian bawah Peru. Aula dengan pria bermuka dua berisi banyak mural lainnya, termasuk contoh yang menggambarkan pendeta wanita, ular, dan kelelawar.



Para arkeolog telah mempelajarinya selama lebih dari 60 tahun, setelah menemukan mural pertama pada tahun 1958. Meskipun telah dipelajari selama beberapa dekade, sebagian besar aula masih belum digali, dan lebih banyak mural kemungkinan besar masih belum ditemukan.

Masih belum diketahui bagaimana Moche menggunakan aula ini. "Salah satu hal yang sangat menarik, dan menantang, tentang bangunan ini adalah kerapatan lukisan yang tidak biasa di dalamnya. Ini berarti bahwa kita hanya dapat menggali dan melestarikan sebagian kecil bangunan setiap musim lapangan,” kata Trever.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2533 seconds (0.1#10.140)