Mitos dan Fakta Hagia Shopia, Bangunan Megah dari 1.500 Tahun Lalu

Sabtu, 18 Juli 2020 - 06:02 WIB
loading...
Mitos dan Fakta Hagia Shopia, Bangunan Megah dari 1.500 Tahun Lalu
Hagia Sophia . foto/ IST
A A A
KAIRO - Hagia Shopia baru-baru ini kembali dialihfungsikan menjadi masjid oleh presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Situs warisan dunia ini memang mempunyai sejarah yang cukup panjang. Tak hanya itu, banyak juga mitos soal bangunan yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu ini. ( ).

Berikut SINDOnews rangkum dari berbagai sumber soal mitos dan juga fakta soal Hagia Shopia. (Baca: Patung Perawan Maria di Gereja AS Dibakar )

Ada sebuah sumur di tengah aula besar di Hagia Sophia. Di masa lalu, sumur ini adalah tempat di mana orang-orang yang menderita penyakit jantung sering datang.

Mereka datang ke sini tiga hari Sabtu berturut-turut, dengan perut kosong, berdoa pagi, dan lalu meminum air dari sumur itu. Ini berlangsung hingga bangunan yang saat itu masih berfungsi sebagai masjid, diubah menjadi museum.

Ada pula mitos mengenai pendeta yang menghilang bersama dengan cawan suci. Selama penaklukan Konstantinopel, imam yang berkhotbah di Hagia Sophia dikatakan telah melewati pintu sehingga cawan itu tidak jatuh ke tangan umat Islam.

Salah satu rahasia paling menarik dari Hagia Sophia adalah salib tempat Yesus disalibkan dan paku yang digunakan, disimpan di kompartemen rahasia di Hagia Sophia.

Mitos lain Hagia Sophia dari umat Kristiani adalah anggapan bahwa Hagia Sophia mempunyai 361 pintu, di antara pintu itu terdapat 101 pintu dengan mantra-mantra sihir, jika dia mencoba menghitungnya sekuat apapun, tidak akan mampu, dan akan kembali kepada hitungan awal.

Namun yang pasti, Hagia Sophia merupakan bangunan bersejarah yang dibangun sejak 1.500 tahun lalu.

Didirikan pada 537, Hagia Sophia menjadi masterpiece pada masanya, bahkan hingga kini. Bangunan dengan kubah raksasa yang menjadi jantung perhatian itu selalu dikenang bagi orang yang mengunjungi Istanbul.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)