Ukraina Butuh Jet Tempur F-16 Bukan MiG-29 untuk Menang Lawan Rusia, Ini Rahasianya

Rabu, 22 Maret 2023 - 08:13 WIB
loading...
Ukraina Butuh Jet Tempur F-16 Bukan MiG-29 untuk Menang Lawan Rusia, Ini Rahasianya
Jet tempur MiG-29 Polandia dan F-16 Amerika Serikat. Untuk menang perang melawan Rusia, Ukraina membutuhkan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon bukan MiG-29 Fulcrum. Foto/wikipedia/twitter @RusEmbSyria
A A A
WARSAWA - Untuk menang dalam perang melawan Rusia, Angkatan Udara Ukraina membutuhkan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon bukan MiG-29 Fulcrum. Pesawat Tempur MiG-29 memang bagus, namun untuk mengimbangi jet tempur Rusia yang lebih canggih Ukraina butuh jet tempur F-16.

“Ukraina membutuhkan jet tempur F-16 Amerika, lebih dari MiG-29 Soviet jika ingin mengalahkan Rusia,” kata pakar militer Pavlo Narozhniy berbicara kepada Kanal 24 TV dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Rabu (22/3/2023). Penilaian ini terkait keputusan Polandia dan Slovakia memberikan bantuan jet tempur MiG-29 Fulcrum kepada Ukraina.

Narozhniy menyatakan bahwa MiG-29 adalah pesawat tempur yang sangat bagus dan pilot Ukraina sudah terbiasa menggunakannya. Jet tempur MiG-29 dapat melakukan peran pendukung di udara, dan bahkan melakukan pertempuran udara-ke-udara, tetapi dinilai tidak dapat mendukung Angkatan Udara Ukraina.



Alasannya, MiG-29 adalah pesawat tempur yang terbelakang secara teknis dan dalam beberapa tahun terakhir, hampir tidak mengalami perkembangan teknologi. Fakta ini menempatkan pilot Ukraina dalam bahaya yang lebih besar, karena beroperasi dengan avionik usang.
Ukraina Butuh Jet Tempur F-16 Bukan MiG-29 untuk Menang Lawan Rusia, Ini Rahasianya


Radar MiG-29 juga tidak akan mampu beroperasi sebaik pesawat tempur Rusia modern, seperti Su-30, Su-35, dan Su-57. Selain itu, MiG-29 terlalu berisik dan dua mesin yang digunakan mengeluarkan asap dalam jumlah sangat besar.

“Pesawat ini terlalu mudah terlihat di radar musuh. Ini hanya memberitahu kita bahwa MiG-29 terlalu mudah untuk ditembak jatuh,” beber Narozhny.

Jet Tempur F-16, Platform yang Mudah Dimodifikasi

Ukraina Butuh Jet Tempur F-16 Bukan MiG-29 untuk Menang Lawan Rusia, Ini Rahasianya

Jet tempur F-16 dirancang sebagai platform yang memungkinkan modifikasi lebih mudah di masa depan. Berbeda dengan MiG-29 yang tidak memiliki kemampuan ini sehingga terlalu lambat dan sulit untuk diperbarui.

Jet tempur F-16 adalah platform multi-peran yang dirancang untuk menyerang target darat, udara, dan laut. Kehadiran rudal jelajah Harpoon sangat fleksibel mengubah fungsi pesawat tempur untuk menjalankan berbagai misi.



Salah satu teknologi baru yang sangat sedikit diketahui, jet tempur F-16 memiliki kompartemen siluman. Kokpit jet tempur F-16 dirancang insinyur dari Lockheed Martin untuk menyembunyikan teknologi avionik dari incaran mata musuh.

Bagian dalam kaca kokpit jet tempur F-16 dilapisi dengan lapisan emas tipis yang mampu menyembunyikan radiasi dari instrumen di kokpit dari radar. “F-16 adalah senjata yang sangat serius yang dapat menandingi apa yang dimiliki Rusia,” kata Narozhny.

AS saat ini tidak memiliki rencana untuk mengirim pesawat multi-peran F-16 AS ke Ukraina. Posisi Washington tidak terpengaruh oleh keputusan Polandia untuk mentransfer jet tempur MiG-29 Soviet ke Ukraina.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3857 seconds (0.1#10.140)