Ini Penyebab Desa Rushan di China Tanahnya Bisa Mengandung Emas Senilai Rp45,4 Triliun

Kamis, 23 Maret 2023 - 14:09 WIB
loading...
Ini Penyebab Desa Rushan di China Tanahnya Bisa Mengandung Emas Senilai Rp45,4 Triliun
Desa Rushan berada di wilayah Shandong yang dikenal sangat kaya dengan emas. Foto/MM Steel Club.
A A A
JAKARTA - Desa Rushan di propinsi Shandong, China baru-baru ini jadi pusat perhatian dunia karena tanahnya mengandung emas . Tidak main-main nilai kandungan emas yang ada di bawah desa Shandong diperkirakan mencapai USD3 miliar atau setara Rp45,4 triliun.

Saking besarnya, emas yang berhasil digali di pusat penambangan Emas Xilaokou, Rushan itu diperkirakan mencapai 50 ton. Jumlah tersebut diyakini akan membantu China dalam meningkatkan cadangan emas mereka.

“Kawasan deposit emas itu mencakup wilayah yang luas. Biji emas mudah ditambang dan digunakan," tulis keterangan resmi Biro Geologi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Shandong dikutip South China Morning Post, Senin (20/3/2023) lalu.

Emas puluhan triliun rupiah itu diketahui diambil dari pusat pertambangan emas Xilaokou yang ada di wilayah Shandong. Temuan itu tidak wajar karena pada umumnya jumlah emas yang ditemukan di pertambangan emas belum ada yang nilainya mencapai puluhan triliun rupiah.

Hanya saja dikutip Firstpost, banyak orang memang sudah lama yakin bahwa pertambangan emas Xilaokou menyimpan emas yang sangat besar. Sayangnya sebelum ini belum ada teknik pengambilan deposit emas yang memadai dilakukan di Xilaokou.



Ini Penyebab Desa Rushan di China Tanahnya Bisa Mengandung Emas Senilai Rp45,4 Triliun


Selama delapan tahun lebih para penggali berupaya mencari emas di Xilaokou. Berbagai teknik mereka sudah lakukan untuk menemukan harta karun mineral tersebut.

"Mereka sudah menggali lebih dari 259 lubang sedalam 1.400 meter hanya untuk mencari emas," ujar Zhou Mingling, Deputy Head of the 6th Geological Brigade di propinsi Shandong.

Temuan itu membuat Xilaokou menjadi pusat pertambangan emas dengan hasil temuan terbesar di wilayah China dan Sandong pada khususnuya. Propinsi Shandong diketahui merupakan salah satu wilayah di China yang punya banyak pertambangan emas.

Selain Xilaokou juga ada pertambangan emas lain seperti Jiaojia, Linglong, Shanshandao, Xincheng, dan banyak lagi. Setiap perusahaan pertambangan bahkan sudah memegang banyak izin untuk mengeksplorasi emas yang terkandung di setiap jengkal tanah Shandong.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)