Mengenal Teluk Oman, Tempat Latihan Militer Gabungan China, Rusia, dan Iran

Jum'at, 24 Maret 2023 - 14:42 WIB
loading...
Mengenal Teluk Oman, Tempat Latihan Militer Gabungan China, Rusia, dan Iran
Teluk Oman menjadi lokasi latihan militer gabungan beberapa negara besar di dunia, yakni China, Iran, dan Rusia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Teluk Oman menjadi lokasi latihan militer gabungan beberapa negara besar di dunia, yakni China, Iran, dan Rusia. Tujuan latihan gabungan ini akan memperdalam kerja sama di antara angkatan laut negara-negara tersebut.

Mengutip laman Reuters, Jumat (24/3/2023), ketiga negara tersebut melakukan latihan Angkatan Laut bersama di Teluk Oman pada 15-19 Maret 2023.

Lantas, dimanakah sebenarnya letak Teluk Oman yang menjadi tempat latihan militer gabungan China, Rusia, dan Iran?


Mengenal Teluk Oman

Teluk Oman atau biasa disebut juga Teluk Makran menghubungkan Laut Arab dengan Selat Hormuz dan bermuara ke Teluk Persia. Tercatat, teluk ini membentangi wilayah Iran, Pakistan, Oman, dan Uni Emirat Arab.

Mengutip World Atlas, teluk ini berbatasan dengan Pakistan dan Iran di utara, Uni Emirat Arab di barat, serta Oman di bagian selatan.

Teluk Oman diperkirakan memiliki lebar 320 km pada titik terlebar antara Cape al-Hadd di Oman dan Teluk Gwadar di perbatasan Iran-Pakistan. Sedangkan untuk panjangnya sendiri adalah sekitar 350 mil.

Beberapa pulau penting yang berada di sekitar Teluk Oman di antaranya adalah Pulau Al Fahal, Kepulauan Dimaniyat, hingga Kepulauan Sawadi.



Kemudian, teluk Oman juga banyak ditemui berbagai spesies ikan yang berbeda. Selain itu, teluk ini juga menjadi jalur pelayaran untuk daerah penghasil minyak di sekitar Teluk Persia.

Dalam hal ini, mereka menjadi pintu masuk dari Laut Arab dan Samudra Hindia ke Teluk Persia. Lokasi ini menjadi tempat penting bagi eksportir dan importir minyak dunia yang sama-sama memiliki kepentingan.

Selain itu, Teluk Oman juga menjadi salah satu lokasi populer untuk mengadakan latihan militer. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah latihan militer gabungan antar negara, termasuk yang terbaru adalah dari China, Iran, dan Rusia.

Dari sekian banyak alasan, letaknya yang strategis mungkin menjadi faktor utama mengapa tempat ini dijadikan tempat latihan militer gabungan. Terlebih, negara seperti Iran sendiri memiliki garis pantainya juga di teluk Oman.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)