NASA Bakal Punya Asteroid Murni yang Jadi Awal Pembuka Rahasia Luar Angkasa

Minggu, 26 Maret 2023 - 16:12 WIB
“Tim OSIRIS-REx telah melakukan prestasi luar biasa dalam mengkarakterisasi dan mengambil sampel asteroid Bennu,” kata Dante Lauretta, penyelidik utama OSIRIS-REx dari University of Arizona, Tucson.

Diketahui asteroid adalah bahan kuno yang tersisa dari era awal pembentukan planet dan mungkin mengandung prekursor molekuler untuk kehidupan. Para ilmuwan meyakini keberadaan asteroid akan sangt penting mempelajari rahasia terbentuknya luar angkasa termasuk planet bumi.

Tetapi untuk mendapatkan jawaban dari rahasia empat miliar tahun yang lalu, para ilmuwan memerlukan sampel murni dari luar angkasa, bebas dari kontaminan terestrial. Mereka juga tidak bisa berharap ada asteroid yang bisa sampai ke bumi dalam keadaan murni.

Pasalnya selain faktor yang ada di atas langit, air dan kondisi biologi di bumi dapat mengubah struktur asteroid. “Keduanya dapat sangat mengubah asteroid saat mendarat di tanah dan mengacaukan cerita yang diceritakan oleh kimia dan mineralogi sampel. Sampel murni dapat memberikan wawasan tentang perkembangan tata surya," jelas Dr Jason Dworkin, OSIRIS-REx project scientist.