Besok, Merkurius, Jupiter, Venus, Uranus, dan Mars Akan Berbaris di Dekat Bulan

Senin, 27 Maret 2023 - 06:47 WIB
Besok, Merkurius, Jupiter, Venus, Uranus, dan Mars Akan Berbaris di Dekat Bulan
Seorang gadis melihat bulan menggunakan teleskop di Caracas, Venezuela. Watu terbaik untuk melihat 5 planet, Merkurius, Jupiter, Venus, Uranus and Mars berjajar adalah besok, Selasa 28 Maret 2023. Foto: AP Photo/Matias Delacroix
JAKARTA - Selasa (28/3) besok ada kejadian langka: lima planet-- Merkurius, Jupiter, Venus, Uranus, dan Mars —akan berbaris di dekat bulan. Momen ini sudah ditunggu-tunggu oleh penggemar astronomi.

Astronom NASA Bill Cooke mengatakan, hari terbaik untuk melihat 5 planet berbaris sejajar dekat bulan adalah esok sore. Tepatnya, ke ufuk barat tepat setelah matahari terbenam.

Planet-planet akan membentang dari garis cakrawala hingga sekitar setengah langit malam. Tapi jangan terlambat: Merkurius dan Jupiter akan segera tenggelam di bawah cakrawala sekitar setengah jam setelah matahari terbenam.

Menurut Cooke, penyebaran lima planet dapat dilihat dari mana saja di Bumi, selama Anda memiliki langit cerah dan melihat ke arah barat.
“Itulah keindahan dari fenomena planet berbaris ini. Semua bisa melihatnya,” beber Cooke.

Apakah Butuh Teleskop?

Menurut Cooke, kemungkinan besar iya. Jupiter, Venus, dan Mars akan sangat mudah dilihat karena bersinar terang.

Venus akan jadi salah satu benda paling terang di langit. Sementara Mars akan berada di dekat bulan dengan pancaran kemerahan. Merkurius dan Uranus mungkin lebih sulit dikenali, karena warnanya lebih redup. “Jadi, mungkin Anda perlu mengambil teropong,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Cooke menyebut jika Anda adalah pehobi yang "mengumpulkan planet", ini adalah kesempatan langka untuk melihat Uranus, yang biasanya tidak terlihat, kata Cooke. “Carilah cahaya hijau tepat di atas Venus,” bebernya.

Apakah Ini Kejadian Langka?

Cooke mengatakan, beberapa planet yang berbeda memang diketahui “berbaris di langit” dalam banyak seempatan. Ada barisan lima planet musim panas lalu dan ada satu lagi di bulan Juni, dengan susunan yang sedikit berbeda.

Penyelarasan semacam ini terjadi ketika orbit planet berbaris di satu sisi matahari dari perspektif Bumi, kata Cooke. Jadi kesimpulannya, momen yang terjadi besok cukup langkah dan sayang sekali untukdilewatkan.