NASA Tuntaskan Perakitan Struktur Tahap Inti Artemis 2

Senin, 27 Maret 2023 - 15:04 WIB
loading...
NASA Tuntaskan Perakitan Struktur Tahap Inti Artemis 2
NASA telah menyelesaikan perakitan struktur utama Tahap Inti Artemis 2 NASA di Fasilitas Perakitan New Orleans Michoud. Foto/SpaceExplore
A A A
NEW ORLEANS - NASA telah menyelesaikan perakitan struktur utama Tahap Inti Artemis 2 NASA di Fasilitas Perakitan New Orleans Michoud. Dengan selesainya perakitan itu, para teknisi dapat mulai memasang empat mesin RS-25 ke bagian bawah roket.

Dikutip dari laman spaceexplored, Senin (27/3/2023), roket Space Launch System NASA terdiri dari empat bagian utama. Tahap pertama, Core Stage, Solid Rocket Boosters, Cryogenic Interim Upper Stage (tahap kedua), dan pesawat ruang angkasa Orion.

Setiap bagian membutuhkan waktu untuk dibangun dan bagian yang terbesar dari keempatnya adalah Core Stage. Bagian ini terdiri dari lima struktur utama, bagian mesin, tangki hidrogen cair, intertank, tangki oksigen cair, dan pinggiran depan, Core Stage melakukan banyak pengangkatan antara peluncuran dan penyisipan orbit.



Bagian ini juga merupakan bagian paling besar dan tinggi sekitar 212 kaki atau 64,6 meter, sehingga Core Stage hampir 2/3 tinggi seluruh roket SLS. Segmen terakhir dari Tahap Inti, segmen mesin, dipasangkan ke sisanya pada 17 Maret dan diumumkan oleh NASA awal pekan ini.

Dengan selesai pemasangan struktur ini, teknisi dapat mulai memasang empat mesin RS-25 ke bagian bawah roket. Dua dari empat mesin terbang pada penerbangan pesawat ulang-alik sebelumnya, dan mesin ketiga serta keempat berisi perangkat keras yang diterbangkan.
NASA Tuntaskan Perakitan Struktur Tahap Inti Artemis 2


Satu bagian terakhir dari Tahap Inti perlu dipasang, adaptor tahap kendaraan peluncuran. Bagian ini membungkus tahap kedua dan menghubungkan Tahap Inti ke adaptor tahap Orion. Namun, ini dibangun dan dikirim ke Kennedy Space Center secara terpisah. Jadi NASA tidak memasukkannya ke dalam Core Stage.



“Selama tahun depan, kita akan melihat bagian-bagian yang diperlukan dari roket Artemis II dikirim dari seluruh negeri dan tiba di Kennedy Space Center untuk perakitan. NASA juga mengumumkan empat awak yang akan berangkat ke Bulan pada 3 April, tiga astronot NASA dan satu dari Badan Antariksa Kanada.,” tulis laman spaceexplored.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2023 SINDOnews.com. All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.1204 seconds (11.210#12.26)