Inilah Danau Terkutuk di Dunia, Bisa Ubah Hewan Menjadi Batu

Selasa, 28 Maret 2023 - 14:19 WIB
loading...
Inilah Danau Terkutuk di Dunia, Bisa Ubah Hewan Menjadi Batu
Danau Natron mampu ubah hewan menjadi batu. FOTO/ DOK DAILY
A A A
DODOMA - Danau Natron memiliki keindahan yang memanjakan mata, ternyata danau ini menyimpan misteri yang cukup mengerikan. Bahkan danau ini terkenal karena bisa mengubah hewan menjadi batu.



Seperti dilansir dari Dailymail, Danau Natroln teletak di Utara Tanzania. Nama Natron sendiri diambil dari kandungan mineral di dalamnya yakni natrium karbonat dekahidrat.

Kandungan inilah yang dianggap berbahaya karena memiliki sifat mengeraskan. Meskipun danau ini hanya memiliki kedalaman 3 meter, namun dengan pH air yang mencapai 10,5 akan dengan mudah membakar kulit atau mata hewan yang tidak mampu beradaptasi.

Ditambah lagi dengan suhu air yang mencapai 60 derajat Celcius yang tentu saja bisa mematikan untuk hewan-hewan kecil yang terjatuh di tempat ini.

Kandungan mineral yang punya sifat mengeraskan ini membuat hewan yang terjatuh dan mati di tempat ini perlahan mengeras dan membatu.

Bakteri, yang membuat air berwarna merah darah, adalah satu-satunya organisme yang dapat mentolerir panas rata-rata 78°F (26°C), konsentrasi garam yang fatal, dan alkalinitas.

Mayat yang jatuh ke air membusuk dengan cepat sementara yang jatuh di tepinya ‘berlapis garam’ yang ‘tetap selamanya’, menurut ahli ekologi David Harper dari University of Leicester.

Gagasan tentang danau yang langsung mengubah binatang yang menyentuhnya menjadi batu mungkin terdengar seperti konsep dari mitologi Yunani.

Tapi itu kenyataan di Tanzania, di mana hewan hidup dalam ketakutan akan salah satu danau paling mematikan di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3672 seconds (0.1#10.140)