4 Jet Tempur Andalan BRICS, Dua di Antaranya Diklaim Paling Canggih

Kamis, 06 April 2023 - 14:41 WIB
loading...
4 Jet Tempur Andalan BRICS, Dua di Antaranya Diklaim Paling Canggih
BRICS merupakan kelompok negara yang terdiri dari Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - BRICS merupakan kelompok negara yang terdiri dari Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Mereka memiliki sedikitnya empat jet tempur andalan yang memperkuat kekuatan militer BRICS.

Kelompok yang terbentuk atas dasar pertumbuhan ekonomi yang pesat ini memang terdiri dari negara-negara yang tengah berkembang pesat, baik dalam hal ekonomi maupun kekuatan pertahanan militernya.


4 Jet Tempur Andalan BRICS

Berikut ini empat jet tempur andalan BRICS yang berasal dari berbagai negara anggotanya.

1. Su-57 Felon

Dilansir dari Newsweek, Su-57 telah diberi label oleh Kementerian Pertahanan Inggris sebagai "jet tempur supersonik generasi kelima Rusia yang paling canggih".

Pesawat satu kursi bermesin ganda tersebut mulai dikembangkan pada tahun 2002 dengan harapan dapat bersaing dengan jet F-35 AS. Kehebatan Jet Rusia ini bahkan selalu dibanding-bandingkan dengan dengan pesaingnya dari Negeri Paman Sam.

2. Chengdu J-20

Menurut Business Insider, Chengdu J-20 adalah jet tempur siluman tercanggih China yang dijuluki "Mighty Dragon".

Jet tempur buatan Grup Industri Pesawat Terbang Chengdu ini dirancang untuk bersaing dengan jet tempur F-22 Raptor Amerika Serikat dan SU-57 milik Rusia.


3. Sukhoi Su-30MKI

Pesawat tempur buatan Rusia ini jadi andalan di India bersama dengan Dassault Rafale dari Prancis. Sukhoi Su-30MKI telah digunakan secara eksklusif oleh Angkatan Udara New Delhi.

Pada tahun 2022, diperkirakan terdapat sekitar 30 unit pesawat ini di India. Meski teknologinya tak secanggih dua pesawat di atas, namun Sukhoi ini masih dapat menunjukan tajihnya di medan perang.

4. Su-35

Rusia memang jadi negara BRICS yang punya sumbangan besar terkait kekuatan militer. Pesawat tempur multi peran milik Moskow selanjutnya ini selalu dibandingkan dengan jet F-16 Angkatan Udara AS.

Sampai saat ini Su-35 masih jadi andalan Rusia, terlebih ketika melakukan penyerangan ke Ukraina dalam satu tahun ini.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2721 seconds (0.1#10.140)