Ini Jawaban Paling Masuk Akal, Kenapa Kucing Terkenal Takut Air

Minggu, 16 April 2023 - 18:55 WIB
loading...
Ini Jawaban Paling Masuk Akal, Kenapa Kucing Terkenal Takut Air
Jawaban kenapa Kucing Takut Air. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
SIDNEY - Kucing menjadi hewan peliharaan yang sangat populer di dunia. Bagaimana tidak, tingkahnya yang lucu dan menggemaskan sudah cukup untuk membuat siapapun tertarik pada kucing.



Tidak hanya dipelihara, kucing liar juga sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang sanagt takut dengan air. Meskipun tidak semua, namun rata-rata kucing akan menghindari air menyentuh tubuhnya.

Pada uumnya, mereka termasuk dalam hewan dengan karakter yang tenang, jarang menunjukkan emosi yang meledak-ledak. Namun, kucing akan merasa kesal, marah, dan memberontak ketika tubuhnya basah oleh air. Lantas apa yang menyebabkan ketakutan kucing tersebut?

Dilansir dari MentalFloss, Sabtu (15/4/2023), Direktur Yayasan Institut Anthrozoologi di Universitas Bristol, John Bradshaw fobia kucing ini salah satunya karena bulunya yang kusut efek terkena air. Ketakutan pada air tampaknya sudah turun temurun dari leluhur mereka.

Shaw menjelaskan bahwa kucing domestik memiliki nenek moyang yang berasal dari kucing liar di Arab dengan wilayah kering yang cukup sulit menemukan air di sana. Maka dari itu, mereka sama sekali tidak punya kemampuan untuk berenang.

“Nenek moyang mereka tinggal di daerah dengan sangat sedikit perairan besar. Mereka tidak pernah belajar berenang. Tidak ada keuntungan untuk itu,” ujar Shaw.

Selain itu, fobia kucing pada air juga disebabkan karena sensasi fisik yang terasa pada tubuh mereka ketika disiram. Shaw menjelaskan, bulu kucing yang berminyak sangat sulit untuk mengeluarkan air. Artinya, butuh waktu yang cukup lama agar bulu kucing bisa kering seperti semula.

Kucing dikenal sebagai hewan yang gesit. Namun ketika tubuhnya terkena air yang banyak, dia akan merasa bergerak lebih lamban dari biasanya.

Meskipun begitu, nyatanya tidak semua kucing takut dengan air. Kucing van misalnya, mereka hidup di dekat pantai Danau Van di Turki Timur yang mendorong anaknya sendiri agar mampu menyelam.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2998 seconds (0.1#10.140)