Ledakan Supernova Ancam Bumi, Ini Dampaknya Bagi Kehidupan

Sabtu, 22 April 2023 - 00:30 WIB
Ledakan Supernova Ancam Bumi, Ini Dampaknya Bagi Kehidupan
Ilustrasi ledakan supernova. Foto: Istimewa
JAKARTA - Para astronom menemukan potensi ancaman terhadap kehidupan di bumi, akibat ledakan bintang. Hal ini terungkap dari pantauan NASA's Chandra X-Ray Observatory dan teleskop.

Dilansir dari laman NASA, ancaman ini berasal dari gelombang ledakan supernova di sekitar bintang yang meledak, yang menghasilkan sinar-X hingga mencapai bumi selama berbulan hingga bertahun-tahun setelah ledakan.

"Sebuah studi baru yang melaporkan ancaman ini didasarkan pada pengamatan sinar-X terhadap 31 supernova dan akibatnya," tulis laman itu, dikutip Jumat (21/4/2023).

Dijelaskan, dosis radiasi sinar X itu bisa berakibat mematikan dan terletak 160 tahun cahaya. Jika semburan sinar-X menyapu bumi, radiasi dapat sangat mengubah kimia atmosfer planet ini.

"Untuk planet seperti bumi, proses ini dapat menghapus sebagian besar ozon, yang pada akhirnya melindungi kehidupan dari radiasi ultraviolet berbahaya dari bintang inangnya," ungkapnya.

Lebih buruk, hal itu juga dapat menyebabkan runtuhnya berbagai organisme, terutama kelautan di dasar rantai makanan, bahkan bisa mengarah pada peristiwa kepunahan.