SpaceX Luncurkan 3 Satelit ViaSat-3 Seberat 6.400 Kg dengan Roket Terkuat Falcon Heavy

Senin, 01 Mei 2023 - 15:18 WIB
SpaceX untuk keenam kalinya mengerahkan roket terkuat miliknya Falcon Heavy untuk meluncurkan 3 satelit ke orbit geostasioner. Foto/SpaceX/NASA/Space
FLORIDA - SpaceX untuk keenam kalinya mengerahkan roket terkuat miliknya Falcon Heavy untuk meluncurkan 3 satelit ke orbit geostasioner. Roket Falcon Heavy lepas landas dari NASA's Kennedy Space Center di Florida pada Minggu (30/4/2023) pukul 8:26 malam.

Peluncuran ini membawa muatan utama satelit ViaSat-3 Americas, satelit broadband seberat 6.400 kilogram yang akan dioperasikan oleh perusahaan Viasat di California. Ketiga satelit dikerahkan sesuai rencana selama 13 menit mulai sekitar 4,5 jam setelah lepas landas.

“Viasat-3 diharapkan menjadi satelit berkapasitas tertinggi di dunia dan akan menjadi satelit elektrik terbesar yang pernah diluncurkan,” kata insinyur propulsi SpaceX Atticus Vadera sesaat sebelum lepas landas dikutip SINDOnews dari laman Space, Senin (1/5/2023).

Satelit kedua yang diluncurkan adalah Arcturus, pesawat komunikasi yang akan dioperasikan oleh Astranis Space Technologies yang berbasis di San Francisco. “Meskipun hanya berbobot 300 kg, satelit komunikasi ini memiliki kemampuan menyediakan throughput data hingga 7,5 Gbps untuk Alaska dan wilayah sekitarnya," tulis EverydayAstronaut.com.

Muatan ketiga adalah GS-1, sebuah cubesat yang akan dioperasikan oleh Gravity Space yang berbasis di Washington. Misi utama GS-1 melibatkan penyediaan komunikasi untuk aplikasi Internet of Things (IoT), meskipun akan melakukan beberapa hal lain di orbit juga.

“Pesawat ruang angkasa ini juga dirancang untuk menyediakan layanan reservasi slot orbit (BIU) di sekitar busur geosinkron. Pesawat ruang angkasa ini memiliki tiga pita frekuensi pita lebar,” tulis Gravity Space.

Sedangkan roket Falcon Heavy terdiri dari tiga tahap pertama yang diikat menjadi satu dari roket pekerja keras Falcon 9 SpaceX. Booster pusat di atasnya dengan tingkat atas dan muatan.

Falcon Heavy memulai debutnya pada Februari 2018 dengan penerbangan uji coba yang mengesankan. Peluncuran mengirim Tesla Roadster merah dan CEO SpaceX Elon Musk ke orbit mengelilingi matahari dengan Starman, manekin berpakaian luar angkasa, di belakang kemudi.