China Targetkan Kirim Astronot ke Bulan Tahun 2030, Ini Persiapannya

Selasa, 02 Mei 2023 - 15:08 WIB
loading...
China Targetkan Kirim Astronot ke Bulan Tahun 2030, Ini Persiapannya
Chima menargetkan mengirim dan mendaratkan astronot ke Bulan pada tahun 2030. Berbagai persiapan teah dilakukan, di antaranya mengembangkan roket generasi berikutnya. Foto/Ilustrasi/CAST/SpaceNews
A A A
BEIJING - China menargetkan mengirim dan mendaratkan astronot ke Bulan pada tahun 2030. Berbagai persiapan teah dilakukan, di antaranya mengembangkan roket generasi berikutnya dan membuat sepatu bot khusus.

Roket baru dijadwalkan untuk uji terbang pada tahun 2027, sementara pesawat ruang angkasa baru telah menerbangkan misi tanpa awak. China dipastikan sudah mengembangkan sepatu bot khusus untuk misi ke bulan dalam tujuh tahun ke depan.

“Pada tahun 2030, orang-orang China pasti akan dapat menginjakkan kaki di bulan. Itu bukan masalah," kata Wu Weiren, Kepala Perancang Program Eksplorasi Bulan China, kepada CCTV dikutip SINDOnews dari laman Space, Selasa (2/5/2023).



Ketua China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC) Wu Yansheng telah mempresentasikan urutan animasi awal tahun ini yang memberikan kesan seperti apa pendaratan bulan berawak China di masa depan. Misi yang dirujuk oleh Wu Weiren akan memungkinkan tinggal jangka pendek di permukaan bulan.

Namun, menurut CASC, China juga akan membangun pangkalan permanen, yang dikenal sebagai Stasiun Penelitian Bulan Internasional, yang rencananya akan dibangun pada tahun 2030-an. Langkah pertama untuk proyek ambisius ini termasuk misi robot ke kutub selatan bulan untuk menguji menggunakan teknologi cetak 3D untuk membuat batu bata mirip Lego dari tanah bulan.

“Diharapkan verifikasi eksperimen Chang'e 8, akan memberikan jaminan untuk eksplorasi ilmiah bulan skala besar di masa depan. Jadi kemungkinan untuk dapat membangun rumah, membuat batu bata, dan akses ke layanan komunikasi di bulan, bisa dipastikan,” kata Wu, mengacu pada misi robotik yang dijadwalkan diluncurkan pada 2028.



China juga mencari mitra untuk mewujudkan target ambisius ini, terutama negara-negara yang tergabung dalam BRICS (Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan). “The International Lunar Research Station yang dibangun oleh China terbuka untuk mitra internasional,” ujar Wu.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3103 seconds (0.1#10.140)