Spesifikasi Senjata Kriss Vector Buatan Amerika Serikat, Punya Desain Futuristik dan Akurasi Tinggi

Sabtu, 06 Mei 2023 - 15:49 WIB
loading...
Spesifikasi Senjata Kriss Vector Buatan Amerika Serikat, Punya Desain Futuristik dan Akurasi Tinggi
Senapan Kriss Vector mempunyai desain futuristik dan sistem blowback tertunda dengan desain in-line untuk mengurangi recoil. Foto/Wikipedia
A A A
WASHINGTON - Senjata Kriss Vector adalah senapan mesin ringan yang dikembangkan oleh perusahaan Amerika KRISS, yang sebelumnya Bernama Transformational Defense Industries (TDI). Senapan Kriss Vector mempunyai desain futuristik dan sistem blowback tertunda dengan desain in-line untuk mengurangi recoil.

TDI mengumumkan pengembangan senapan mesin ringan baru ini pada musim semi 2007, sebagai senjata eksperimental. Nama Kriss dipilih dari belati Asia Tenggara atau senjata khas Jawa Keris yang memiliki bilah berbentuk api (luk).

Secara prinsip senjata dengan popor lipat ini mengusung mekanisme Kriss Super V System, yaitu mekanisme yang mengarahkan pergerakan bolt dan rekoil ke arah bawah. Sistem ini dipercaya dapat mengurangi efek hentakan secara maksimal.



Sederhananya, gaya unik dari teknologi Kriss Super V System pada Kriss Vector mampu mengalihkan energi daya entak ke belakang mengarahkannya ke bawah. Dengan memanfaatkan sumbu bor yang sangat rendah, sisa rekoil menjadi tersebar.

“Secara statistik, Kriss Super V System dilaporkan menurunkan recoil hingga 60% dan muzzle naik hingga 95%!” tulis laman gunivore, Sabtu (6/5/2023). Teknologi yang inovatif ini membuat senjata Kriss Vector mudah dikendalikan.

“Kekuatan tidak ada gunanya tanpa kendali,” keterangan KRISS USA membanggakan senapan andalannya Kriss Vector. Faktanya, Kriss Vector terpilih sebagai senjata tempur jarak dekat terbaik oleh program Senjata Utama The Military Channel.
Spesifikasi Senjata Kriss Vector Buatan Amerika Serikat, Punya Desain Futuristik dan Akurasi Tinggi


Salah satu fitur paling populer pada senjata taktis ini adalah kemudahan penggunaannya, terutama dalam hal pencopotan yang sederhana dan pertukaran kalibernya. Saat mendesain Vector Series, Kriss AS melihat senapan AK-47 yang ikonik agar mudah dilucuti dan dibersihkan, sangat andal, dan sangat tahan lama.



Dengan menghubungkan receiver dengan pin langsung, Kriss Vector dapat di-fieldstrip dalam hitungan detik. Selain itu, hanya dengan mengganti yang lebih rendah, pengguna dapat dengan cepat beralih di antara berbagai macam kaliber termasuk 9mm, 357 SIG, 40 S&W, dan 45 ACP.

Senapan Kriss Vector menawarkan salah satu pengalaman menembak yang paling menyenangkan dan ramah bagi pengguna. Ketika menembak dalam mode semi-otomatis, dua-tembakan, atau full-otomatis, Kriss Vectors sangat mudah dikendalikan.

Dalam model full-auto Kriss Vector dapat menembak hingga 1.500 putaran per menit, lebih unggul dibandingkan senapan mesin ringan lain yang tidak dapat mencapai di atas 1.100 putaran per menit. Artinya, saat menembakkan dalam salah satu mode senjata taktis ini, mendapatkan performa puncak dan akurasi yang luar biasa. Untuk hasil terbaik, Kriss Vector paling efektif digunakan pada jarak antara 80 dan 150 kaki.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)