Spesifikasi BMP-3 IFV, Kendaraan Tempur Multifungsi Andalan Rusia

Senin, 08 Mei 2023 - 14:38 WIB
loading...
Spesifikasi BMP-3 IFV, Kendaraan Tempur Multifungsi Andalan Rusia
BMP-3 IFV merupakan kendaraan tempur infanteri yang andal dengan sistem dan peralatan mutakhir untuk dukungan pasukan infanteri Rusia. Foto/Wikipedia/roe
A A A
MOSKOW - Spesifikasi BMP-3 IFV memenuhi syarat sebagai kendaraan tempur multifungsi yang biasa diandalakan pasukan infanteri Rusia . BMP-3 IFV merupakan kendaraan tempur infanteri yang andal dengan sistem dan peralatan mutakhir untuk dukungan pasukan berkelanjutan di medan perang.

Secara umum BMP adalah singkatan dari Boevaya Mashina Pekhoty atau Infantry Combat Vehicle alias Kendaraan Tempur Infanteri. BMP-3 mulai diproduksi pada akhir 1980-an oleh Kurganmashzavod dari Kurgan untuk menggantikan pendahulunya, BMP-1 dan BMP-2.

Dikutip dari laman Roe.ru, Senin (8/5/2023), BMP-3 IFV atau Infantry Fighting Vehicles adalah kendaraan tempur multifungsi, gabungan kendaraan tempur infanteri, penghancur tank, kendaraan pendukung tembakan, dan pengangkut personel amfibi.



BMP-3 IFV dibekali senjata utama peluncur rudal meriam 100 mm, meriam otomatis 30 mm dan senapan mesin 7,62mm yang terintegrasi dalam stasiun senjata. Ditambah lagi, dua senapan mesin lambung 7,62 mm.

BMP-3 IFV diawaki 3 kru dan mampu membawa 7 personel infanteri, memiliki berat 18,7 ton. BMP-3 IFV menggunakan mesin diesel UTD-29 berbentuk V, yang menghasilkan 500hp sehingga mampu mencapai kecepatan maksimum 70 km/jam dan daya jangkauan 600 km.

BMP-3 IFV menggunakan sistem pendingin udara yang efisien sehingga membuat kendaraan lebih nyaman bagi personel dalam segala cuaca. Sebagai kendaraan amfibi, BMP-3 UFV mampu melintasi perairan dengan kecepatan 10 km per jam.
Spesifikasi BMP-3 IFV, Kendaraan Tempur Multifungsi Andalan Rusia


BMP-3 IFV memiliki sistem penampakan modern SOZh-M dengan Vesna-K atau Sodema untuk menambah operabilitas siang, malam, dan visibilitas rendah. Secara opsional dengan pelacak target otomatis AST-B, BMP-3 IFV dapat mengirimkan tembakan terarah saat bergerak off-road dengan kecepatan hingga 30 km/jam dan dari dalam air.



Meriam BMP-3 IFV dapat menembakkan peluru kendali anti-tank 3UBK10, yang terdiri dari peluru kendali laser beamriding 9M117 dan kontainer. Rudal ini memiliki daya jangkau 100 meter hingga 4.000 meter. Probabilitas hit setidaknya mencapai 0,8 dengan penetrasi armor 600 mm dan muatan amunisi delapan putaran.

Untuk perlindungan, BMP-3 IFV menggunakan rangkaian alat bantu pertahanan Arena, yang dikembangkan oleh KBM Kolumna. Sistem ini terdiri dari deteksi target dan radar pelacakan, komputer dan unit pemrosesan, serta amunisi pelindung.

BMP-3 IFV dilengkapi dengan sistem bantuan pertahanan Shtora untuk menghadapi senjata berpemandu anti-tank dengan SACLOS (semi-automatic command to line-of-sight). Lambung dan menara dilapisi paduan baja dan aluminium.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5294 seconds (0.1#10.140)