Ini Kasus Serangan Hiu Paling Mematikan, 150 Pelaut AS Jadi Korban

Kamis, 11 Mei 2023 - 20:33 WIB
loading...
Ini Kasus Serangan Hiu Paling Mematikan, 150 Pelaut AS Jadi Korban
Kasus serangan ikan hiu paling mematikan yang pernah terekam sejarah terjadi ketika Perang Dunia II, mengakibatkan 150 pelaut Amerika Serikat (AS) menjadi korban. Foto/TNS/Wikipedia
A A A
WASHINGTON - Kasus serangan ikan hiu paling mematikan yang pernah terekam sejarah terjadi ketika Perang Dunia II, mengakibatkan 150 pelaut Amerika Serikat (AS) menjadi korban.Serangan hiu mematikan ini diawali tenggelamnya kapal Angkatan Laut AS setelah ditorpedo kapal selam Jepang.

Peristiwa ini diawali ketika kapal Angkatan laut AS, USS Indianapolis selesai mengirimkan uranium dan komponen lain untuk membuat bom atom "Little Boy" ke pangkalan angkatan laut di pulau Pasifik Tinian pada Juli 1945. Setelah mengirimkan suku cadang, USS Indianapolis berangkat ke Filipina untuk tugas pelatihan.

Tak lama setelah tengah malam pada tanggal 30 Juli, kapal tersebut ditorpedo oleh kapal selam Jepang. Kerusakan besar mengakibatkan air laut dalam jumlah besar masuk ke dalam kapal dan tenggelam dalam 12 menit.



Dari 1.195 orang di atas kapal, sekitar 300 tenggelam bersama kapal, tetapi hampir 900 orang terapung-apung di lautan lepas. Banyak yang meninggal karena paparan, dehidrasi, dan keracunan air asin.

Namun, menurut Majalah Smithsonian, ada sekitar 150 pelaut dan awak kapal diperkirakan telah dibunuh oleh hiu, yang dianggap sebagai serangan hiu terburuk dalam sejarah. Menurut catatan awak kapal yang selamat, kebanyakan korban yang diserang di dekat permukaan air.

Hal ini menimbulkan dugaan bahwa hiu whitetip Samudra (Carcharhinus longimanus) spesies yang tinggal di permukaan sebagai pelaku utamanya. Menurut Museum Florida, spesies ini seringkali menjadi yang pertama muncul di lokasi bencana Samudra.

“Spesies ini dikenal menjadi gigih, tidak dapat diprediksi dan menunjukkan sedikit rasa takut, membuatnya sangat berbahaya bagi manusia,” kata Museum Florida dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Kamis (11/5/2023).



Banyak spesies hiu mungkin terlibat dalam perburuan gila-gilaan dan bisa menjadi sangat agresif menyerang satu sama lain serta mangsanya. Namun, perilaku makan oportunistik ikan koboi, julukan untuk hiu whitetip Samudra, serta ukuran dan kekuatannya membuat mereka sangat berbahaya bagi para pelaut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2162 seconds (0.1#10.140)