Apa Saja Dampak El Nino Terhadap Indonesia?

Senin, 15 Mei 2023 - 18:03 WIB
loading...
Apa Saja Dampak El Nino Terhadap Indonesia?
Fenomena El Nino diprediksi akan melanda Indonesia beberapa waktu mendatang. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Fenomena El Nino diprediksi akan melanda Indonesia beberapa waktu mendatang. Berbagai pihak pun telah diminta untuk mempersiapkan diri menghadapi dampak yang mungkin ditimbulkannya.

Mengutip laman BMKG, istilah El Nino diartikan sebagai fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di banding kondisi normalnya di Samudera Pasifik bagian tengah. Singkatnya, pemanasan SML ini berpotensi mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia dan bisa menyebabkan terjadinya kekeringan.


Dampak El Nino di Indonesia

Melihat dampaknya, fenomena El Nino menyebabkan berubahnya pola cuaca global yang nantinya dapat berimbas pada iklim di berbagai wilayah. Tak hanya di Indonesia, namun seluruh dunia.

Berikut sejumlah potensi dampak dari fenomena El Nino yang perlu diwaspadai.

1. Kekeringan

Pada prosesnya, El Nino sering dikatakan sebagai peningkatan suhu permukaan laut serta penurunan curah hujan di sejumlah wilayah. Mengutip laporan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Senin (15/5/2023), sebagai dampaknya, kekeringan bisa saja terjadi di daerah atau wilayah terkait.

Apabila benar terjadi, bukan tidak mungkin kekeringan tersebut berdampak pada sejumlah sektor termasuk pertanian. Sederhananya, kekurangan air bisa menghambat pertumbuhan tanaman serta mengurangi hasil panen.


2. Potensi Kemunculan Penyakit dan Hama

Pergantian cuaca yang ekstrem kerap memunculkan berbagai penyakit di tengah masyarakat. Salah satunya adalah demam berdarah.

Mengutip laman Jabar Open Data, suhu panas yang dibawa El Nino dapat membuat nyamuk semakin ganas. Singkatnya, musim panas menjadi waktu puncak nyamuk untuk bertelur. Sedangkan suhu yang hangat sendiri bisa membuat siklus hidup mereka menjadi lebih cepat. Akibatnya, akan ada banyak telur yang menetas dan bisa membahayakan masyarakat.

Sementara itu, di sisi pertanian El Nino juga berpotensi membawa hama tanaman. Apabila benar terjadi, dampak tersebut bisa merusak tanaman dan mengurangi hasil panen.

3. Penurunan Kualitas Tanaman

Selain mengganggu musim tanam, El Nino juga dapat menjadi biang turunnya kualitas panen. Alasannya sederhana, dengan suhu yang tinggi dan kurangnya pasokan air, kualitas tanaman yang nantinya harus dipanen akan menurun.

Dalam hal ini, bisa saja hasil panen seperti buah atau sayuran menjadi lebih kecil, rasanya kurang enak, dan lain sebagainya.

Selain ketiga dampak di atas, fenomena El Nino ini juga dapat memunculkan potensi bahaya lain seperti kebakaran lahan hingga terganggunya pasokan pasar (pertanian).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2343 seconds (0.1#10.140)