Peneliti Temukan Cara Menikmati Wiski dengan Dicampur Air Putih

Selasa, 16 Mei 2023 - 12:13 WIB
loading...
Peneliti Temukan Cara Menikmati Wiski dengan Dicampur Air Putih
Ilustrasi wiski. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Wiski adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Tetapi tahukah Anda, bahwa cara menikmati wiski adalah dengan cara mencampurnya dengan air putih.

Dilansir dari The Sun, cara menikmati wiski adalah dengan mencampur air putih, pada minuman itu. Cara ini dapat membuka rasa pada wiski.

"Penambahan air ke wiski, dianggap dapat membuka rasanya. Tetapi jika Anda menambahkan banyak, para ilmuwan mengatakan rasa wiski terasa sama," tulis laman itu, dikutip Selasa (15/5/2023).



Para peneliti di Washington State University telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah wiski di dunia, mulai dari Bourbon, Ryes, wiski Irlandia, dan Scotch-malt tunggal dan campuran.

Mereka ingin melihat bagaimana senyawa volatil pada wiski dapat merespons penambahan air. Ternyata, hasilnya sangat mengejutkan. Menambah air pada Whiskey tidak membuat perubahan pada aroma wiski.

"Bahkan setelah lebih 20%, wiski tetap memiliki aroma yang sama. Bau dan rasa sangat terkait erat, jadi ini juga berarti mempengaruhi rasa," sambungnya.



Jika Anda ingin menikmati wiski, sebaiknya jangan mencampur lebih dari 20% air. "Pada saat Anda mencapai 60/40, wiski memang berbau sama, tetapi bukan itu yang Anda cari," sambungnya.

Hasil analisis kimia mengungkapkan, bahwa ada perubahan pada headspace di atas cairan, ketika wiski ditambahkan air. Menambahkan air mengirimkan senyawa hidrofobik yang mengubah aroma cairan pada wiski.

"Wiski Scotch dikatakan memulai dengan aroma gambut berasap dan menjadi lebih berbuah ketika diencerkan. Ini terjadi karena cara pengenceran mempengaruhi apa yang ada di headspace," tukasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)