Jum'at, 19 Mei 2023 - 16:00 WIB
6 Potret Hewan Pertama di Bumi, Paling Tua Berusia 558 Juta Tahun
Selama sekitar empat miliar tahun, tidak ada kehidupan di Bumi yang lebih kompleks daripada sel sederhana. Berikut organisme kompleks pertama yang menghuni planet Bumi. Foto/bbvaopenmind
JAKARTA - Selama sekitar empat miliar tahun, tidak ada kehidupan di Bumi yang lebih kompleks daripada sel sederhana. Kemudian, tanpa alasan yang masih belum diketahui, sekitar 575 juta tahun yang lalu, bentuk kehidupan multisel mulai berkembang biak.

Peristiwa itu, yang disebut ledakan Avalon, terjadi setelah planet tersebut meninggalkan fase beku Periode Cryogenian untuk memasuki Ediacaran, yang berlangsung dari 635 hingga 542 juta tahun lalu. Dari yang disebut biota Ediacaran atau Precambrian, ada lebih dari 140 genera yang dikonfirmasi.

Para ilmuwan tidak tahu pasti apakah dari banyak dari makhluk itu adalah hewan, jamur, ganggang, lumut kerak atau protozoa sederhana. Berikut organisme kompleks pertama yang menghuni planet Bumi dirangkum dari laman bbvaopenmind, Jumat (19/5/2023).

1. Dickinsonia

6 Potret Hewan Pertama di Bumi, Paling Tua Berusia 558 Juta Tahun

Selama 70 tahun, para ilmuwan memperdebatkan apakah Dickinsonia, makhluk datar, lonjong, dan lurik yang panjangnya hampir satu setengah meter. Ada yang menganggap Dickinsonia adalah hewan, lumut kerak, atau protozoa raksasa.

Fosil pertama ditemukan pada 1947 di Australia, menjadi salah satu organisme biota Ediacaran yang paling ikonik dan paling banyak dipelajari. Pada September 2018, studi di jurnal Science mampu mengkarakterisasi lipid fosil yang ada di beberapa spesimen Dickinsonia yang ditemukan di Rusia barat laut.

Ditemukan kolesterol, lemak hewani yang khas, dan berlimpah. Hasilnya berarti bahwa makhluk yang hidup 558 juta tahun yang lalu ini adalah perwakilan fauna terestrial tertua yang dikonfirmasi.

2. Aspidella

6 Potret Hewan Pertama di Bumi, Paling Tua Berusia 558 Juta Tahun

Cakram kecil di bebatuan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1868 oleh ahli geologi Skotlandia Alexander Murray di Newfoundland, Kanada. Empat tahun kemudian, ahli paleontologi Elkanah Billings mengusulkan gagasan bahwa lingkaran aneh itu sebenarnya adalah fosil.

Hampir satu abad Cakram Murray, dimasukkan ke dalam spesies Aspidella terranovica, fosil yang awalnya diidentifikasi sebagai cnidaria (ubur-ubur). Di sisi lain, cetakan fosil yang serupa dengan yang ditinggalkan oleh anemon juga telah ditemukan pada Aspidella, yang mendukung klasifikasi mereka sebagai cnidaria. Cnidaria adalah sebuah filum yang terdiri dari lebih dari 10.000 spesies hewan sederhana yang hanya ditemukan di perairan, kebanyakan lingkungan laut.