Bintang Ini Jadi Petunjuk Kelahiran Nabi Isa yang Diabadikan Injil dan Al-Quran

Sabtu, 27 Mei 2023 - 07:13 WIB
loading...
Bintang Ini  Jadi Petunjuk Kelahiran Nabi Isa yang Diabadikan Injil dan Al-Quran
Bintang itu sejak lama dijuluki Bintang Betlehem bukanlah komet apalagi supernova. Komet Halley diketahui sudah terlihat di angkasa sejak tahun 11 SM. FOTO/ NATURE
A A A
JERUSALEM - Kisah kelahiran Nabi Isa AS digambarkan Allah SWT. dengan indah di dalam Alquran, yakni QS Maryam/19:16 sampai dengan QS Maryam/19:40.



Bahkan Injil mengabadikan kisah orang Majus (baik) dalam Kitab Injil Matius 2, mengkisahkan orang Majus datang dari Timur ke Yerusalem mengikuti petunjuk bintang untuk bertemu Bayi Yesus.

Lalu bintang apakah itu yang menjadi petunjuk, David Weintraub, seorang profesor fisika dan astronomi di Vanderbilt University di Tennessee mengatakan, bila apa yang ditulis di Perjanjian Baru adalah peristiwa sejarah, maka peristiwa bersejarah ini membutuhkan penjelasan.

“Sebagai astronom, maka Anda ingin penjelasan astronomi,” ujarnya, seperti dilansir Live Science.

Yang jelas, Bintang itu sejak lama dijuluki Bintang Betlehem bukanlah komet apalagi supernova. Komet Halley diketahui sudah terlihat di angkasa sejak tahun 11 SM.

Tapi kalau orang Majus berjalan menuju Yerusalem dan kemudian ke Betlehem, mereka tak mungkin mengikuti komet karena posisinya pasti akan berubah sesuai rotasi Bumi.

Jadi, komet tidak akan membawa mereka ke satu tujuan. Lagipula, pada masa lalu, komet dipandang sebagai pertanda buruk.

Supernova juga bisa dikesampingkan. Sebab ilmuwan belum menemukan jejak supernova yang berasal dari masa itu.

Teori lain mengatakan supernova di galaksi Andromeda, seperti yang dijelaskan dalam studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam jurnal The Observatory.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)