Spesifikasi Ivan Khurs, Kapal Intelijen Rusia yang Gagalkan Serangan Ukraina

Sabtu, 27 Mei 2023 - 13:39 WIB
loading...
Spesifikasi Ivan Khurs, Kapal Intelijen Rusia yang Gagalkan Serangan Ukraina
Ivan Khurs Rusia merupakan kapal kedua Project 18280 dari total empat kapal Yury Ivanov-class yang akan dibangun. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Ivan Khurs Rusia merupakan kapal kedua Project 18280 dari total empat kapal Yury Ivanov-class yang akan dibangun. Kapal tersebut dirancang oleh JSC "Central Design Bureau Iceberg".

Kementerian Pertahanan Rusia baru-baru ini mengungkapkan bahwa kapal intelijen Ivan Kurs berhasil untuk menghentikan serangan drone dari Ukraina .

Sebagai bukti, Rusia langsung merilis video yang memperlihatkan kendaraan tak berawak dari Ukraina hendak menyerang Kapal Ivan Kurs di Laut Hitam pada 24 Mei 2023. Drone itu lalu diserang oleh kapal intelijen tersebut hingga hancur.



Dalam pengumuman tersebut, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa Ivan Khurs sedang berpatroli di area tersebut untuk memastikan keamanan jalur pipa Turkish Stream dan Blue Stream.

Sehari setelah pernyataan tersebut, akun twitter Ukraine Weapons Tracker membagikan video yang menunjukkan bahwa drone tersebut berhasil mencapai Ivan Khurs Rusia, dan merusaknya.

Dua video yang dibagikan ini memberikan informasi yang sangat berbeda. Sampai saat ini masih belum pasti informasi mana yang berisi kebenaran.

Namun menurut Naval News, Kapal Ivan Khurs AGI tampaknya berhasil kembali dengan selamat di pelabuhannya di Sevastopol pada 26 Mei 2023 tanpa mengalami kerusakan.


Spesifikasi Ivan Khurs Rusia

Kapal intelijen ini mulai dirancang pada November 2013, dan baru dikenalkan ke publik pada tahun Mei 2017. Sedangkan rangkaian uji coba untuk Ivan Khurs baru rampung pada awal Juni 2018.

Kapal yang dibangun menggunakan baja ini memiliki berat maksimal 4000 ton. Sebanyak 130 awak pelaut mampu ditampung oleh kapal yang dapat menjelajah sejauh 8.000 mil tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3934 seconds (0.1#10.140)