7 Fakta Menarik Kupu-kupu, Ternyata Memiliki Masa Hidup yang Singkat

Selasa, 30 Mei 2023 - 15:05 WIB
loading...
7 Fakta Menarik Kupu-kupu, Ternyata Memiliki Masa Hidup yang Singkat
Kupu-kupu dikenal sebagai salah satu hewan yang unik dan indah, ternyata memiliki sederet fakta yang menarik. Foto/Wikipedia Commons/ Tunas Hijau
A A A
JAKARTA - Kupu-kupu dikenal sebagai salah satu hewan yang unik dan indah. Keindahan yang dimilikinya bakal memanjakan setiap pasang mata yang melihatnya secara langsung.

Sebagai hewan yang memiliki keindahan membuat sebagian besar orang penasaran terhadapnya. Namun tanpa disadari, ternyata kupu-kupu memiliki sederet fakta yang menarik untuk diketahui.

Berikut tujuh fakta menarik dari Kupu-kupu:

1. Memiliki Sayap Transparan

7 Fakta Menarik Kupu-kupu, Ternyata Memiliki Masa Hidup yang Singkat

Sayap kupu-kupu memang terkenal dengan warnanya yang indah. Namun perlu diketahui jika sayap kupu-kupu sebenarnya memiliki bentuk yang transparan. Sayapnya terbentuk dari kumpulan lapisan yang disebut dengan chitin.



Dikutip dari laman Kinetika Undip, Chitin merupakan sebuah protein yang membentuk kerangka sayap dan lapisan tipis sayap. Ribuan sisik kecil yang berpigmen ini akan berusaha menyelimuti permukaan transparan dari sayapnya.

Sisik inilah yang nantinya dapat membentuk pola warna yang berbeda pada sayap kupu-kupu. Semakin tua umur kupu-kupu, maka transparansi sayapnya akan semakin terlihat.

2. Membantu Proses Pembuahan Tanaman

Selain memiliki bentuk dan warna yang indah, kupu-kupu juga ternyata dapat membantu dalam proses penyerbukan tanaman. Dengan terbang di antara bunga, kakinya akan bergesekan dan menyebabkan batang bunga bergoyang sehingga menyebabkan serbuk sari keluar.

Pada saat penghisapan nektar, serbuk yang ada di benang sari akan menempel pada tungkai kupu dan akan menempel pada kepala putik bunga berikutnya yang dikunjungi. Saat hinggap di bunga lain dengan jenis yang sama, serbuk tersebut akan menempel di putik dan terjadilah penyerbukan.

3. Tidak Bisa Terbang saat Kedinginan

Banyak yang tidak mengetahui jika faktanya kupu-kupu tidak bisa terbang ketika berada pada suhu di bawah 12℃. Kupu-kupu merupakan hewan dengan darah yang mudah membeku.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)