Fakta di Balik Kasus Boeing yang Dituduh Curi Data untuk Kepentingan Roket NASA

Sabtu, 10 Juni 2023 - 13:34 WIB
loading...
Fakta di Balik Kasus Boeing yang Dituduh Curi Data untuk Kepentingan Roket NASA
Fakta di Balik Kasus Boeing yang Dituduh Curi Data. FOTO/ THE VERGE
A A A
NEW YORK - Raksasa kedirgantaraan Boeing telah digugat oleh sebuah perusahaan Colorado atas tuduhan telah mencuri data untuk kepentingan roket Space Launch System NASA. Kabar ini pun berhasil menyita perhatian dunia.

Perusahaan bernama Wilson Aerospace menuduh Boeing telah melakukan banyak pelanggaran. Nah untuk lebih lengkapnya, simak fakta di balik kasus Boeing yang dituduh curi data untuk kepentingan roket NASA berikut:

1. Dituduh curi data intelektual perusahaan lain

Pendiri Wilson Aerospace, David Wilson, Jr mengatakan bahwa Boeing telah membatalkan proyek kerja sama dengan perusahaannya. Namun pabrikan pesawat tersebut tetap menggunakan teknologi garapan Wilson Aerospace.

Parahnya lagi menurut David, karena kerja sama yang dilakukan tidak tuntas, itu artinya Boeing tidak mengetahui sepenuhnya teknologi yang digunakan. Boeing disebut mengabaikan cara membangun dan memasangnya, sehingga menimbulkan risiko keselamatan.

2. Disebut merusak reputasi Wilson Aerospace

Tidak hanya mencuri kekayaan intelektual perusahaan, David juga menyebut Boeing juga telah merusak reputasi baik yang selama ini telah dibangun oleh Wilson Aerospace.

Boeing juga menurut David telah menggunakan teknologi secara tidak benar dan dengan mengorbankan keselamatan astronot, yang berada di luar jangkauan demi meraih pendapatan yang lebih.

3. Data intelektual dicuri untuk diaplikasikan ke roket NASA

Wilson Aerospace mengungkap bahwa Boeing telah mencuri rahasia dagang untuk roket Space Launch System NASA. Demi keuntungan besar, Boeing tanpa sumber daya yang cukup memasang teknologi yang dirancang Wilson Aerospace ke roket NASA.

Wilson Aerospace juga mengatakan Boeing mencuri rahasia dagang terkait alat pemasangan baut untuk pesawat 787 Dreamliner miliknya. Dikatakan Boeing telah memintanya untuk merancang alat tersebut pada tahun 2012.

4. Mendapat keuntungan besar

David menyebut Boeing telah memperoleh pendapatan miliaran dolar karena pelanggaran rahasia dagang yang dilakukan terhadap perusahaannya. Semua pendapatan dan keuntungan yang harusnya dibagi, dikuasai sendiri oleh Boeing.

5. Boeing sebut tuduhan itu tidak benar

Boeing sendiri telah menanggapi tuduhan yang dilancarkan Wilson Aerospace. Menurut mereka, gugatan dan tuduhan yang dilayangkan penuh dengan ketidakakuratan dan kelalaian. Boeing mengaku siap menghadapi Wilson Aerospace di pengadilan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2281 seconds (0.1#10.140)