Penampakan Foto di Planet Mars saat Pagi dan Sore Hari

Kamis, 15 Juni 2023 - 19:20 WIB
loading...
Penampakan Foto di Planet Mars saat Pagi dan Sore Hari
Pemandangan di Planet Mars. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - NASA membagikan kartu pos panoramik yang menangkap pemandangan pagi dan sore dari Mars. Gambar ini diambil saat penjelajah mendaki kaki gunung setinggi 3 mil (5 kilometer) dari Kawah Gale.

Curiosity Doug Ellison dari Jet Propulsion Laboratory NASA di California Selatan mengatakan, foto itu diambil dengan menggunakan kamera navigasi hitam-putih dalam dua seri, selama 7 1/2 menit.

"Satu seri di pagi hari dan satu lagi di sore hari, tanggal 8 April 2023," katanya, dikutip dari NDTV, Kamis (15/6/2023).



Dijelaskan dia, pada gambar pertama, foto diambil pada 8 April 2023, pukul 09.20. Sedangkan pada gambar kedua, foto diambil pada pukul 15.40 waktu Mars.

"Siapa pun yang pernah ke taman nasional tahu pemandangannya terlihat berbeda di pagi hari dari pada di sore hari. Mengambil dua kali sehari memberikan bayangan gelap, karena pencahayaan," jelasnya.

Menambah kedalaman bayangan adalah fakta, bahwa saat itu musim dingin, di mana periode debu udara yang lebih rendah di lokasi Curiosity saat gambar diambil.


"Bayangan Mars menjadi lebih tajam dan lebih dalam saat ada sedikit debu dan lebih lembut saat ada banyak debu," tambah Ellison.

Gambar mengintip melewati bagian belakang penjelajah, memberikan pandangan sekilas tentang tiga antena dan sumber tenaga nuklirnya.

Detektor Penilaian Radiasi atau RAD menilai, gampat tersebut sangat penting untuk membantu para ilmuwan mempelajari cara melindungi astronot pertama yang dikirim ke Mars dari radiasi di permukaan planet.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2326 seconds (0.1#10.140)