Memiliki Perisai Setajam Pisau, Dinosaurus Jenis Baru Ditemukan

Jum'at, 16 Juni 2023 - 19:25 WIB
Memiliki Perisai Setajam Pisau, Dinosaurus Jenis Baru Ditemukan
Dinosaurus memiliki perisai seperti pisau, reptil raksasa bernama Vectipelta barretti ini hanya memakan tumbuh-tumbuhan. FOTO/ BBC
LONDON - Fosildinosaurus yang sebelumnya tidak dikenal ditemukan di Isle of Wight. Dinosaurus ini lebih tua dari jenis yang beredar saat ini.

BBC melaporkan, itu adalah spesies dinosaurus baru pertama yang ditemukan di pulau itu sejak 1865 dan diyakini termasuk dalam keluarga ankylosaurus.

Meski terlihat menyeramkan dengan tubuh yang seolah memiliki 'perisai' seperti pisau, reptil raksasa bernama Vectipelta barretti ini hanya memakan tumbuh-tumbuhan.

Itu ditemukan di bebatuan yang diyakini berusia sekitar 66 hingga 145 juta tahun.

Nama Vectipelta barretti diambil dari nama Profesor Paul Barrett, yang bekerja di Museum Sejarah Alam di London selama 20 tahun.

Meskipun dinosaurus baru ini memiliki beberapa kesamaan dengan ankylosaurus terakhir yang ditemukan di pulau bernama Polacanthus foxii, para ilmuwan merasa kedua spesies tersebut tidak berkerabat dekat.

Para ilmuwan mengatakan bahwa selain memiliki tulang leher, punggung, dan panggul yang berbeda, penemuan baru-baru ini juga memiliki lebih banyak pelindung berduri.

Spesies baru ini memiliki lebih banyak kesamaan dengan ankylosaurus yang ditemukan di China, menunjukkan bahwa mereka berpindah secara bebas dari Asia ke Eropa selama periode Cretaceous Awal.