IQAir Sebut Kualitas Udara di Indonesia Terburuk di Asia Tenggara

Selasa, 20 Juni 2023 - 17:00 WIB
loading...
IQAir Sebut Kualitas Udara di Indonesia Terburuk di Asia Tenggara
Kualitas Udara di Indonesia disebut terburuk di Asia Tenggara. FOTO/ IQAIR
A A A
JAKARTA - Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara di Asia Tenggara dengan kualitas udara terburuk berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh IQAir.



IQAir adalah perusahaan berbasis di Swiss yang mencatat kualitas udara di dunia berdasarkan data setiap negara.

Berdasaran laporan data IQair di situs resmi merekan (20/6/2023), data yang dikumpulkan di Indonesia diambil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Menurut laporan tersebut, Indonesia berada di peringkat ke-26 dari 131 negara di dunia dengan tingkat polusi tertinggi selama setahun terakhir.

Negara-negara Asia Tenggara lainnya berperingkat lebih rendah termasuk Laos di peringkat 29, Vietnam di peringkat 30, dan Myanmar di peringkat 35.

Indonesia mendapat skor 89 dengan tingkat polusi sedang dan laporan dari Air Now menunjukkan bahwa kualitas udara di Indonesia masih aman meski ada risiko bagi beberapa individu yang sangat sensitif atau memiliki penyakit terkait pernapasan.

Tangerang Selatan, Cileungsir, Serang, dan Bandung adalah tiga kota teratas dengan kualitas udara tidak sehat dan warga diimbau untuk memakai masker, membatasi aktivitas di luar ruangan, dan selalu menutup jendela rumah.

Tiga besar kota dengan tingkat kualitas udara baik berada di kota Kupang di Nusa Tenggara Timur, kota Matur di Sumatera Barat dan Palembang yang terletak di Sumatera Selatan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)