Ilmuwan Temukan Objek Luar Angkasa Lebih Panas dari Matahari

Minggu, 25 Juni 2023 - 10:30 WIB
Ilmuwan Temukan Objek Luar Angkasa Lebih Panas dari Matahari
Ilustrasi katai cokelat yang dianggap sebagai bintang gagal. Katai cokelat WD00320317B diyakini sebagai objek luar angkasa yang lebih panas dari matahari. Foto/Newsweek.
JAKARTA - Peneliti dan ilmuwan dari Weizmann Institute of Science, Israel, baru-baru ini menemukan objek luar angkasa yang sangat luar biasa. Objek luar angkasa yang diyakini sebuah katai cokelat atau brown dwarf itu diklaim memiliki temperatur yang lebih panas dari matahari.

Katai cokelat atau objek luar angkasa yang bukan bintang dan bukan planet itu disebutkan disebutkan Science Alert ditemukkan berada 1.400 tahun cahaya dari bumi. Saat ditemukan temperatur yang ada di katai cokelat itu diklaim mencapai 7.727 derajat celcius.

Untuk gambaran temperatur rata-rata permukaan matahari mencapai 5.504 derajat celcius. Jadi katai cokelat tersebut jauh lebih panas dari matahari.

Tidak hanya itu Daily Mail menyebutkan katai cokelat yang diberi nama WD0032-317B itu memiliki ukuran yang sangat besar untukk sebuah brown dwarf.
Ukurannya lebih besar 88 kali dari planet Jupiter. Artinya katai cokelat itu merupakan yang terbesar dan terpanas yang telah ditemukan hingga saat ini.

"Objek yang hampir mencapai batas pembakaran hidrogen ini berpotensi menjadi salah satu katai coklat paling masif yang diketahui," ucap Na'ama Hallakoun, peneliti dari Weizmann Institute of Science.

Untuk menemukan katai cokelat tersebut Na'ama Hallakoun dan rekan-rekannya di Weizmann Institye of Science menggunakan Ultraviolet and Visual Echelle Spectograph (UVES). Penemuan itu menurutnya justru dapat membuat para peneliti memahami planet Jupiter.

Dalam penemuan itu Na'ama Hallakoun mengatakan temperatur yang sangat panas di WD0032-317B disebabkan hadirnya bintang kecil atau katai putih WD0032-3177.

Katai cokelat yang mendampingi bintang kecil itu mengalami radiasi ultraviolet ekstrim yang dipancar oleh WD0032-317. Alhasil katai cokelat dengan nama WD0032-317B itu menjadi sangat panas.

Meski memiliki suhu yang lebih panas dari matahari, WD0032-317B tidak bisa dinyatakan sebagai planet terpanas di luar angkasa. Hingga kini status planet terpanas dipegang oleh planegt KELT-9b

Hingga saat ini banyak orang menganggap bahwa Jupiter bukanlah planet melainkan kkatai cokelat atau bintang gagal.

Pasalnya Jupiter memiliki kesamaan komposisi dengan katai cokelat. Eksoplanet itu diklaim memiliki temperatur mencapai 4.300 derajat celcius.
(nag)