7 Hewan Langka yang Hanya Ada di Indonesia, Banyak yang Punah!

Senin, 03 Juli 2023 - 12:01 WIB
loading...
7 Hewan Langka yang Hanya Ada di Indonesia, Banyak yang Punah!
Hewan langka asal Indonesia cukup beragam dan tidak ada di negara lain. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Lansekap Indonesia yang dramatis, dengan gunung merapi, hutan, serta ribuan pulau membuat negara ini kaya akan misteri, legenda, mitos, serta berbagai macam flora dan fauna yang unik.

Indonesia menjadi rumah bagi jenis hewan dan burung liar langka. Termasuk satwa unik dan beragam karena tingkat keanekaragaman hayati yang luar biasa.

Nah, berikut adalah hewan yang natif yang mengacu pada hewan-hewan yang asli atau berasal dari suatu wilayah atau ekosistem Indonesia. Mereka telah ada dan hidup di wilayah tersebut sejak zaman purba atau telah berkembang secara alami di wilayah tersebut selama periode waktu yang panjang.

1. Komodo
7 Hewan Langka yang Hanya Ada di Indonesia, Banyak yang Punah!

Komodo adalah hewan khas Indonesia yang terancam punah. Komodo sudah ada sejak zaman prasejarah. Diperkirakan sekitar 30 juta tahun lalu. Komodo adalah kadal terbesar dan tertinggi di dunia. Memiliki nama latin Varanus komodoenesis, Komodo dapat berkembang dan memiliki panjang hingga 3 meter dan berat hingga 68 kg.

Karena badannya yang besar, komodo memiliki pergerakan yang lambat yakni sekitar 8-10 kilometer per jam. Akan tetapi dalam kondisi terancam atau takut, mereka dapat lari hingga kecepatan 18 kilometer per jam.

2. Orangutan Sumatera
7 Hewan Langka yang Hanya Ada di Indonesia, Banyak yang Punah!

Menurut WWF, Indonesia memiliki tiga spesies orangutan, yakni orangutan Sumatera (Pongo abelii), orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) dan orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis).

Ketiganya berstatus Kritis (Critically Endangered/CR) berdasarkan daftar merah IUCN. Orangutan Sumatera (Pongo abelii) sendiri punya ciri khas kantung pipi yang panjang pada orangutan jantan.

Panjang tubuhnya sekitar 1,25 meter sampai 1,5 meter. Berat orangutan dewasa betina sekitar 30-50 kilogram, sedangkan yang jantan sekitar 50-90 kilogram. Bulu-bulunya berwarna coklat kemerahan.

Jantan dewasa umumnya penyendiri sementara para betina sering dijumpai bersama anaknya di hutan. Rata-rata setiap kelompok terdiri dari 1-2 orangutan dan kedua jenis kelamin mempunyai daya jelajah sekitar 2-10 kilometer.

Sekitar 60% makanan orangutan adalah buah-buahan seperti durian, nangka, leci, mangga dan buah ara.

3. Maleo
7 Hewan Langka yang Hanya Ada di Indonesia, Banyak yang Punah!

Macrocephalon maleo atau burung maleo atau maleo senkawor adalah fauna endemik pulau Sulawesi. Hewan tersebut hampir tidak pernah ditemukan di tempat lain di Indonesia.

Burung eksotis ini hanya ditemukan di hutan tropis dataran rendah pulau Sulawesi, seperti di Gorontalo dan Sulawesi Tengah. Namun, maleo juga bisa ditemukan di Maluku.

Burung maleo berukuran sedang dengan panjang 55 sentimeter dan sebagian besar bulunya berwarna hitam. Burung ini juga punya ciri fisik seperti kulit wajah bercorak kekuningan, mempunyai paruh jingga dan bulu di bagian bawahnya berwarna merah muda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2222 seconds (0.1#10.140)