Terobosan Inovasi Sawit Akan Melindungi Lingkungan dari Kerusakan

Senin, 24 Juli 2023 - 12:43 WIB
loading...
Terobosan Inovasi Sawit Akan Melindungi Lingkungan dari Kerusakan
Inovasi perkebunan sawit. FOTO/ NATIONAL GEOGRAFI
A A A
JAKARTA - Kelapa sawit menjadi satu-satunya komoditas yang mempunyai sertifikat berkelanjutan mulai dari hulu sampai hilir.



Inovasi dan riset sawit berkelanjutan ini telah menjadi komitmen dan norma bersama seluruh pemangku kepentingan di industri kelapa sawit untuk diimplementasikan dan dikembangkan secara terus menerus.

Oleh karenanya dibutuhkan banyak inovasi dan riset dengan mensososialisasi Program Lomba Riset Sawit Tingkat Mahasiswa Tahun 2023 yang akan diseleksi dan didanai oleh BPDPKS.

Dr Aiyen menyampaikan materinya tentang “Global Sustainability Palm Oil Campaign based on Research dan Development”.

Disampaikan bahwa kelapa sawit beserta sederet tantangannya harus direspon dengan hasil riset yang mumpuni.
“Riset menjadi penggerak perubahan suatu bangsa sehingga dapat mengantarkan bangsa tersebut mandiri dan maju”. tutur Plh Direktur Utama Zaid Burhan Ibrahim.

Apabila hasil riset mahasiswa sampai tahap komersialisasi dan kebermanfaatannya dapat langsung dirasakan baik industri maupun masyarakat, maka hal tersebut dapat meningkatkan daya saing Indonesia.

Salah satu Program yang ditugaskan kepada BPDPKS adalah memberikan bantuan pendanaan untuk Penelitian dan Pengembangan.

Melalui Program Grant Riset Sawit BPDPKS berupaya mendukung lembaga litbang baik pemerintah maupun swasta untuk melakukan riset dan pengembangan dalam menjawab berbagai tantangan industri sawit melalui inovasi.

Dukungan dana untuk riset sawit diberikan kepada peneliti yang berada di bawah Lembaga Litbang dan kepada mahasiswa.

Hasil riset dan pengembangan dapat mendukung kemajuan industri kelapa sawit berkelanjutan dan ramah lingkungan serta dapat menjadi naskah akademis dalam mendukung kebijakan pemerintah dan upaya meng-counter isu negatif kelapa sawit.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4728 seconds (0.1#10.140)