Teliti Mutasi Gen Tumbuhan, China Kirim 136 Jenis Benih ke Stasiun Luar Angkasa

Senin, 31 Juli 2023 - 19:11 WIB
Teliti Mutasi Gen Tumbuhan, China Kirim 136 Jenis Benih ke Stasiun Luar Angkasa
China mengirim sekitar 136 jenis benih dan bahan genetik tanaman ke stasiun luar angkasa Tiangong dalam misi Shenzhou 16. Foto/CMSA
BEIJING - China mengirim sekitar 136 jenis benih dan bahan genetik tanaman ke stasiun luar angkasa Tiangong dalam misi Shenzhou 16. China bertujuan meneliti mutasi gen tumbuhan untuk menghasilkan bibit yang tahan penyakit dan kekeringan.

Menurut China Manned Space Agency (CMSA) sebanyak 136 benih dan bahan genetik tanaman yang dikirim ke Tiangong pada akhir Mei 2023 berasal dari 53 institusi. Ini termasuk 47 tanaman, yang terdiri dari 12 benih tanaman biji-bijian, 28 benih tanaman komersial, tujuh tanaman toleran salin-alkali, dan 76 spesies tanaman hutan, rumput, bunga dan tanaman obat.

Ini termasuk 13 mikroorganisme pertanian dan industri, jamur yang dapat dimakan, ganggang, dan lumut. Pemuliaan luar angkasa melibatkan pemaparan benih ke radiasi kosmik dan gayaberat mikro di luar angkasa untuk menghasilkan mutasi genetik yang berpotensi menguntungkan.

“Perubahan dapat meningkatkan hasil panen dan membuat tanaman lebih tahan terhadap kekeringan dan penyakit tertentu,” keterangan CMSA dikutip SINDOnews, Senin (31/7/2023).

China telah terlibat dalam pembiakan luar angkasa selama beberapa dekade, dimulai pada 1980-an menggunakan pesawat ruang angkasa Shijian yang dapat dipulihkan. Eksperimen serupa sedang dilakukan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

China selesai membangun Tiangong pada 2022. Awak saat ini, yang tiba di pesawat ruang angkasa Shenzhou 16 pada 30 Mei, adalah misi astronot kelima yang mengunjungi pos luar orbit.