Pesawat Luar Angkasa India Chandrayaan-3 Memasuki Orbit Bulan

Selasa, 08 Agustus 2023 - 14:24 WIB
loading...
Pesawat Luar Angkasa India Chandrayaan-3 Memasuki Orbit Bulan
Pesawat ruang angkasa India Chandrayaan-3 mulai memasuki orbit Bulan dan mengirimkan gambar pertamanya. Foto/ISRO
A A A
NEW DELHI - Pesawat ruang angkasa India Chandrayaan-3 mulai memasuki orbit Bulan dan mengirimkan gambar pertamanya. Pesawat ruang angkasa Chandrayaan-3 dijadwalkan melakukan percobaan pendaratan di permukaan Bulan pada 23 Agustus 2023.

Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) merilis gambar pertama yang dikirimkan Chandrayaan-3 pada Minggu 6 Agustus 2023. Foto ini menunjukkan bahwa pesawat ruang angkasa Chandrayaan-3 telah mencapai tujuannya sebelum melakukan pendaratan di bulan.

Pesawat luar angkasa Chandrayaan-3 diluncurkan pada 14 Juli, menuju ke orbit awal Bumi yang sangat elips. Kemudian secara bertahap meningkatkan orbitnya pada tanggal 31 Juli yang mengarahkannya ke bulan.



Menurut ISRO pesawat ruang angkasa Chandrayaan-3 berhasil memasuki orbit di sekitar Bulan pada Sabtu 5 Agustus 2023. Pesawat ruang angkasa Chandrayaan akan melakukan pembakaran mesin lebih lanjut untuk membawanya ke jalur melingkar sekitar 100 kilometer di atas permukaan bulan seminggu sebelum upaya pendaratan.

Gambar yang baru dirilis, kemudian dirangkai oleh ISRO menjadi video berdurasi 45 detik, menunjukkan susunan surya pesawat ruang angkasa Chandrayaan-3 di latar depan. Bulan, dengan ciri-ciri termasuk kawah besar dan latar belakang laut di belakang.
Pesawat Luar Angkasa India Chandrayaan-3 Memasuki Orbit Bulan


Misi Chandrayaan-3 senilai 6 miliar rupee atau sekitar USD73 juta bertujuan untuk melakukan pendaratan yang tepat di sekitar kutub selatan Bulan. Jika berhasil, India akan bergabung dengan Amerika Serikat, Rusia, dan China sebagai negara yang berhasil melakukan pendaratan di bulan.



Pesawat pendarat misi yang dikenal sebagai Vikram, juga membawa robot penjelajah kecil bernama Pragyan. Kedua pasangan pendarat dan robot penjelajah Bulan akan menghabiskan waktu satu hari di Bulan atau sekitar 14 hari di Bumi untuk melakukan operasi permukaan dan eksperimen sebelum menyerah pada dinginnya malam di Bulan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)