Posisi Tidur Menurut Rasulullah Terbukti Benar, Ini Hasil Penelitiannya

Kamis, 17 Agustus 2023 - 20:17 WIB
loading...
Posisi Tidur Menurut Rasulullah Terbukti Benar, Ini Hasil Penelitiannya
Hasil penelitian membuktikan posisi tidur yang dianjurkan Rasulullah SAW benar. (Foto: Peakpx)
A A A
JAKARTA - Tidur menjadi misteri kehidupan terbesar manusia yang masih terus dipelajari hingga saat ini. Salah satunya terkait posisi tidur yang paling benar, apakah miring, telentang atau tengkurap.

Sekitar 14 abad silam Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan tidur miring dalam posisi menghadap ke kanan. “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR Bukhari & Muslim). Namun bagaimana dengan hasil penelitian?

Berbicara tentang tidur tidak serta merta soal durasi saja tapi juga kualitasnya. Durasi ideal tidur untuk orang dewasa adalah 7-8 jam. Sementara bayi baru lahir 14-17 jam, bayi usia 4-11 bulan 12-15 jam, dan Balita 1-2 tahun sekitar 11-14 jam.

Beranjak ke anak-anak prasekolah usia 3-5 tahun memerlukan waktu tidur 10-13 jam, anak usia sekolah 6-13 tahun selama 9-11 jam, remaja usia 14-17 tahun membutuhkan waktu tidur 8-10 jam, dewasa 18-64 tahun 7-9 jam dan lansia di atas 65 tahun waktu tidur normalnya 7-8 jam.



Kembali lagi ke posisi tidur idea l, tentu tidak semua orang bisa konsisten mulai awal tidur sampai bangun dengan posisi yang sama. Seringkali orang berubah posisi saat tidur mulai dari miring kanan-kiri, telentang hingga tengkurap. Dari sini para peneliti telah mencoba berbagai teknik seperti merekam orang saat tidur atau menggunakan teknologi yang dapat memantau gerakan.

Di Hong Kong para peneliti menggunakan kamera inframerah untuk mendeteksi posisi tidur seseorang. Sementara para peneliti di Denmark menggunakan detektor sensor gerak yang dipasang di paha, punggung, dan lengan responden sebelum mereka tidur untuk menentukan posisi tidur favorit.

Hasilnya, para peneliti menemukan fakta bahwa selama tidur, orang menghabiskan lebih dari setengah waktu mereka di bagian sisi, sekitar 38 persen di punggung dan 7 persen tengkurap. Semakin tua orangnya, semakin banyak waktu yang mereka habiskan di bagian sisi.

Lalu bagaimana dengan anak-anak? Anak-anak di atas usia tiga tahun rata-rata menghabiskan durasi yang sama untuk tidur miring, belakang, dan depan, seperti orang dewasa. Sementara bayi kebanyakan tidur telentang karena diletakkan di tempat tidurnya untuk alasan keamanan. Jadi tidur miring adalah posisi yang paling umum dilakukan manusia, benarkah?.

Di kutip dari BBC, Kamis (17/8/2023), sebuah studi yang membiarkan orang boleh tidur sesukanya menemukan fakta responden dengan posisi miring ke kanan, tidur lebih baik daripada yang tidur miring ke kiri, diikuti oleh responden yang tidur telentang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2158 seconds (0.1#10.140)