Teknologi Canggih 1.000 Tahun Lalu Terungkap dari Mumi Khuwy

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 18:49 WIB
loading...
Teknologi Canggih 1.000 Tahun Lalu Terungkap dari Mumi Khuwy
Ilmuwan temukan reknologi canggih 1.000 Tahu lalu di Mumi Khuwy. The Guardian
A A A
KAIRO - Penemuan tubuh mumi Khuwy mengungkapkan bahwa orang Mesir Kuno telah menggunakan metode pengawetan yang canggih 1.000 tahun lebih awal dari yang diperkirakan.



Bukti baru ini akan berdampak pada penulisan ulang buku sejarah.

The Guardian melaporkan bahwa tubuh mumi seorang bangsawan berpangkat tinggi yang ditemukan pada tahun 2019 ternyata jauh lebih tua dari perkiraan sebelumnya.

Jenazah mumi Khuwy bahkan menjadi salah satu mumi Mesir tertua yang pernah ditemukan.

Mumi yang diyakini berasal dari kerajaan Mesir kuno ini membuktikan bahwa teknik pengawetan sudah sangat maju sekitar 4.000 tahun yang lalu.

Kepala Egyptology dari American University di Kairo, Prof. Salima Ikram berpendapat, semua buku tentang pengawetan mumi dan sejarah kerajaan lama Mesir perlu diubah lagi jika jenazah mumi Khuwy berasal dari kerajaan lama.

“Ini benar-benar akan mengubah pemahaman kita tentang evolusi pengawetan mumi,''

“Bahan-bahan yang digunakan, asal-usulnya, dan jalur perdagangan yang terkait dengannya akan mempengaruhi pemahaman kita tentang kerajaan lama Mesir,''

“Selama ini kami mengira pengawetan mumi peninggalan kerajaan Mesir lama relatif mudah, hanya dengan proses pengeringan dasar dan hanya produksi organ dalam saja,” ujarnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2111 seconds (0.1#10.140)