Spesifikasi Rudal Pertahanan Udara IRIS-T A2A yang Disumbangkan Norwegia ke Ukraina

Jum'at, 01 September 2023 - 17:20 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal Pertahanan Udara IRIS-T A2A yang Disumbangkan Norwegia ke Ukraina
Norwegia menyumbangkan rudal pertahanan udara IRIS-T A2A ke Ukraina. (Foto: Wikipedia)
A A A
JAKARTA - Spesifikasi rudal pertahanan udara IRIS-T A2A yang disumbangkan Norwegia ke Ukraina banyak disorot. Musababnya, perang antara Ukraina dan Rusia masih berlangsung.

Banyak negara sahabat yang memberikan bantuan kepada Ukraina. Amerika Serikat (AS) misalnya, sudah menggelontorkan USD75 miliar untuk membantu Ukraina.

Bukan hanya di bidang militer, uluran tangan juga diberikan dalam bentuk keuangan dan bantuan kemanusiaan. Jenis senjata yang dipasok AS beragam jenisnya, mulai dari drone, rudal anti tank, hingga amunisi.

Selanjutnya, ada Inggris yang juga tak kalah banyak memberikan bantuan. Inggris memberikan bantuan militer miliaran Euro kepada Kiev. Pemerintah Inggris juga menyelenggarakan program pelatihan militer bagi setidaknya 30 ribu tentara Ukraina.



Norwegia juga masuk dalam jajaran negara yang memberikan bantuan kepada Ukraina. Merupakan salah satu anggota NATO, Norwegia diketahui menyumbangkan jet tempur F-16 ke Ukraina guna mendukung perlawanan atas Rusia.

Sebelum Norwegia, Belanda dan Denmark sudah lebih dulu mengirimkan bantuan senjata ke Ukraina. Selain pesawat tempur, Norwegia juga menyumbangkan rudal udara IRIS-T A2A.

Rudal IRIS-T A2A berpeluang besar untuk meningkatkan kemampuan dalam mempertahankan wilayah udara dari ancaman serangan pihak lawan.

Melansir Airspace Review, rudal ini memiliki kemampuan adaptasi yang baik dan sangat presisi. Hal itulah yang kemudian menjadikan IRIS-T A2A sebagai salah satu senjata andalan yang disumbangkan untuk Ukraina.

Secara keseluruhan, rudal jenis IRIS-T adalah persenjataan inti yang mampu diandalkan saat pertempuran udara. Senjata ini merupakan rudal jarak pendek generasi terbaru yang diproduksi oleh perusahaan Jerman bernama Diehl BGT Defense. Diketahui, IRIS-T mampu menyerang sasaran di udara dalam jarak mencapai 25 km.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3145 seconds (0.1#10.140)