10 Salah Kaprah tentang Ilmu Pengetahuan, Antara Sains dan Adegan Film

Sabtu, 02 September 2023 - 20:01 WIB
loading...
10 Salah Kaprah tentang Ilmu Pengetahuan, Antara Sains dan Adegan Film
Pengaruh film terhadap kehidupan umat manusia sungguh luar biasa. (Foto: Screenrant)
A A A
JAKARTA - Pengaruh film terhadap kehidupan umat manusia sungguh luar biasa. Namun, antara kenyataan dan adegan di film kerap menimbulkan salah kaprah tentang ilmu pengetahuan.

Gegara sering muncul dalam adegan film, publik pun acapkali tak bisa membedakan antara sains dan mitos. Padahal, konsekuensi hal tersebut bisa sangat berbahaya dalam kehidupan nyata, seperti memperlihatkan cara yang salah bagi penonton untuk bereaksi dalam keadaan darurat.

Selain itu, ilmu pengetahuan palsu yang ditampilkan dalam film juga dapat menurunkan pemahaman masyarakat secara keseluruhan terhadap prinsip-prinsip dan fakta-fakta ilmiah dasar, sehingga dapat berdampak lebih buruk dalam skala yang lebih besar dan jangka panjang.

Meskipun ada film-film dengan prinsip sains yang sangat akurat, industri film terkenal mengabaikan riset ilmiah demi menghibur penonton.Itulah sebabnya National Academy of Sciences mendirikan Science & Entertainment Exchange, organisasi yang menghubungkan ilmuwan dengan dunia hiburan untuk menghilangkan mitos dan secara akurat menggambarkan sains dalam fiksi.

Dikutip dari Screen Rant, Sabtu (2/9/2023), berikut deretan salah kaprah ilmu pengetahuan gegara sering muncul dalam adegan film.



1. Menghisap Racun Ular

10 Salah Kaprah tentang Ilmu Pengetahuan, Antara Sains dan Adegan Film


Tahukah anda bahwa menghisap racun di bekas gigitan ular bukanlah tindakan yang benar. Risikonya tak hanya bagi orang yang digigit ular tapi juga bagi si penolongnya.

Tindakan menghisap tidak mencegah penyebaran racun secara cepat melalui jaringan otot dan pembuluh darah. Menghisap luka yang terbuka bahkan dapat memperparah luka dan membuat racunnya menyebar lebih cepat.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)