Spesifikasi Jet Tempur Tejas India, Pesawat Ringan Berkecepatan Mach 1,8

Selasa, 05 September 2023 - 16:27 WIB
loading...
Spesifikasi Jet Tempur Tejas India, Pesawat Ringan Berkecepatan Mach 1,8
Jet tempur Tejas India memiliki kecepatan maksimum 1.475 mph atau setara dengan Mach 1,8. Foto/Military Factory
A A A
JAKARTA - Jet tempur Tejas India memang tak secanggih kepunyaan Rusia ataupun Amerika Serikat. Namun, keberadaan pesawat lokal ini tentulah jadi kebanggaan sendiri bagi Negara Anak Benua.

HAL Tejas secara resmi dioperasikan oleh Angkatan Udara India pada 2016 silam. Keberadaannya sekaligus menandai tonggak sejarah bagi program jet tempur supersonik negara tersebut yang telah berusia 30 tahun saat itu.

Dilansir dari laman Military Factory, HAL Tejas lahir dari inisiatif internal India untuk menghasilkan pesawat tempur dalam negeri yang pengembangan utamanya berasal dari program Light Combat Aircraft (LCA). Ini diberlakukan pada tahun 1980-an.

HAL Teja sendiri menjadi pesawat kedua yang dirancang oleh HAL (Hindustan Aeronautics Limited) India yang punya kemampuan supersonik setelah sebelumnya ada Haol Marut di tahun 1960-an.

Spesifikasi Jet Tempur Tejas India


Jet tempur Tejas India merupakan pesawat tempur ringan serbaguna, bermesin tunggal, sayap delta untuk Angkatan Udara India dan Angkatan Laut India.



Pesawat ini telah dibuat dengan material mutakhir, dimana salah satunya adalah komposit, yang berguna untuk mengurangi bobot dan memperpanjang umur komponen.

Berikut ini spesifikasi dimensi dari jet tempur Tejas India:

- Panjang : 13,2m

- Tinggi : 4,4m
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0980 seconds (0.1#10.140)