Kelaparan Ekstrem, Beruang Grizzly Makan Beruang Hitam

Rabu, 06 September 2023 - 06:31 WIB
loading...
Kelaparan Ekstrem, Beruang Grizzly Makan Beruang Hitam
Beruang grizzly berukuran besar memangsa seekor beruang hitam di Pegunungan Rocky Kanada. Foto/Yahoo
A A A
OTTAWA - Diduga mengalami kelaparan esktrem atau hyperphagia, beruang grizzly berukuran besar memangsa seekor beruang hitam di Pegunungan Rocky Kanada. Beruang grizzly diperkirakan memangsa beruang hitam untuk menggemukkan badan dalam periode hibernasi.

Kejadian ini terekam oleh seorang warga bernama Susan Griffith dari Dawson Creek di British Columbia, Kanada. Dia kemudian mengunggah rekaman beruang grizzly yang memangsa beruang hitam ke Facebook pada 30 Agustus 2023.

Rekaman langka ini mengungkap apa yang terjadi ketika kedua predator tersebut berhadapan, maka akan saling menyerang. “Ini jelas merupakan salah satu hal paling gila yang kami lihat,” tulis Susan dalam postingan tersebut.



Pegunungan Rocky Kanada, yang terletak di Alberta dan British Columbia, adalah rumah bagi beruang hitam (Ursus americanus) dan beruang grizzly (Ursus arctos horribilis), Diketahui beruang grizzly merupakan salah satu subspesies beruang coklat terbesar (Ursus arctos).

Beruang grizzly adalah predator puncak namun juga merupakan pemakan bangkai yang produktif dan akan memakan apa pun yang mereka temukan, termasuk beruang lain dan anggota spesiesnya sendiri. Mereka diketahui membunuh dan memakan beruang hitam di daerah yang kedua spesiesnya tumpang tindih.

“Ini adalah periode hyperphagia (kelaparan ekstrim) bagi beruang ketika mereka menggemukkan untuk hibernasi. Beruang grizzly mengonsumsi beruang hitam karena memiliki banyak simpanan lemak,” kata Frank T van Manen, ahli ekologi dari Survei Geologi AS dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Rabu (6/9/2023).

Frank T van Manen mengatakan, hanya ada sedikit perkiraan tentang seberapa sering beruang grizzly dan beruang hitam berinteraksi. Namun, bukan hal yang aneh bagi mereka bertemu satu sama lain dan saling serang.



“Beruang grizzly adalah predator yang tangguh dan terkadang mengejar mangsa besar seperti rusa dan terkadang bahkan bison, dan terkadang termasuk spesies seperti beruang hitam Amerika. Kelihatannya ini adalah beruang hitam yang lebih kecil dan tidak sebanding dengan beruang grizzly dewasa,” katanya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)