Spesifikasi Rudal Python-5, Senjata Paling Canggih di Dunia Milik Singapura

Jum'at, 15 September 2023 - 14:48 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal Python-5, Senjata Paling Canggih di Dunia Milik Singapura
Jet tempur F-16 Singapura akan dilengkapi dengan rudal python-5. (Foto: Channel News Asia)
A A A
JAKARTA - Rudal Python-5 belakangan tengah menjadi perbincangan karena digunakan Angkatan Udara Singapura untuk memperkuat armadanya. Rudal tersebut diketahui akan melengkapi jet tempur F-16.

Sebuah informasi yang dimuat di papan informasi Pangkalan Udara Paya Lebar menyebut, pesawat tempur Lockheed Martin F-16 C/D/D+ tengah membawa Python 5. Disebut sebagai salah satu peluru kendali paling canggih di dunia, seperti apa spesifikasi Python 5?

Berdasarkan data yang ada di laman Airforce Technology, rudal Python 5 merupakan rudal udara-ke-udara generasi kelima yang diproduksi oleh Rafael Advanced Defense Systems, Israel. Python-5 adalah varian terbaru dalam rangkaian Python AAM dan disebut sebagai rudal paling akurat yang dimiliki Israel.

Rudal tersebut mampu menyerang pesawat musuh dari jarak sangat pendek dan jauh, bahkan di luar jangkauan visual. Python-5 memiliki berat 105 kg, panjang 3,1 meter, lebar sayap 64 cm, diameter 16 cm, dan mampu membawa hulu ledak berdaya tinggi berbobot 11 kg. Hulu ledak yang dibawa Python-5 juga dilengkapi dengan sekring laser aktif.



Pengembangan rudal canggih ini dimulai pada tahun 1990-an dan diluncurkan untuk pertama kalinya pada tahun 2003 di ajang Paris Air Show. Di ajang itu, Python-5 menunjukkan kemampuan pelacakan target dan deteksinya yang sangat unggul.

Rudal ini digunakan untuk berperang pada Agustus 2006. Python-5 ditembakkan dari pesawat F-16 Fighting Falcon dan meluluhlantakkan UAV Ababil-T milik Hizbullah. Beberapa tahun berselang, Python-5 ditembakkan dari jet tempur F-161 Israel dan berhasil mencegat kendaraan udara tanpa awak Iran yang memasuki wilayah Israel.

Rudal canggih Python-5 dilengkapi dengan fitur-fitur modern yang memiliki banyak manfaat. Fitur tersebut sangat memungkinkan pilot untuk mengunci pesawat musuh, bahkan sanggup menembak tanpa adanya perubahan arah. Keberadaan inframerah dalam rudal ini bisa digunakan untuk memindai area target, mencari ancaman, dan mengunci pengejaran target sehingga pembidikan menjadi lebih tepat.



Python-5 didesain dengan menggabungkan badan pesawat aerodinamis kepunyaan Python-4. Fitur navigasi canggih yang dipertahankan adalah navigasi inersia, hulu ledak, dan motor roket. Kombinasi teknologi canggih pada tiap komponen Python-5 terbukti telah bekerja sangat unggul.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2028 seconds (0.1#10.140)